fbpx
paddle pop main yuk
Family & Parenting

World Play Day Bersama Paddle Pop Main Yuk Seaventure

Sewaktu kecil saya dan teman-teman sebaya suka dimarahin sama orang tua kalau terlalu asyik bermain di luar. Soalnya kalau main tuh suka pada lupa waktu. Dimarahinnya sih bukan karena dilarang main, tapi karena kami suka nggak ingat kapan waktu makan, mandinya jadi kemalaman dan tugas dari sekolah alias PR pun lupa dikerjakan.

Entah kenapa rasanya main memang seseru itu, kayak nggak ada puasnya. Setelah punya anak baru saya tahu, bahwa bermain memang dunianya anak-anak. Bahkan di banyak sekolah sudah diterapkan metode bermain sambil belajar, karena memiliki dampak yang positif dalam proses menerima materi. Selain itu bermain juga sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Karena bermain merupakan salah satu hak anak, maka kewajiban orang tua adalah untuk memenuhinya. Dan karena pentingnya bermain bagi anak-anak, setiap tanggal 28 Mei dunia memperingatinya sebagai “World Play Day”.

Anak-anak sekarang mungkin sudah nggak bisa lagi merasakan permainan outdoor seperti kita dulu, karena zaman telah berganti. Apalagi seperti kami yang tinggal di pinggiran kota yang termasuk pemukiman padat penduduk. Ruang terbuka untuk bermain anak sudah jarang ditemui.

Akhirnya lumayan menjadi tantangan bagi orang tua dalam memfasilitasi anak bermain, seperti membelikan mainan atau mengajaknya main bersama. Ditambah kehadiran Covid-19 yang makin menyulitkan kita untuk mengajak anak pergi keluar.

Tetapi dengan akses informasi yang saat ini begitu mudahnya bisa didapat, kita bisa menemukan ide-ide bermain di rumah. Agar anak nggak mudah bosan dengan permainan yang itu-itu lagi, juga merangsang kreativitas mereka.

Paddle Pop Main Yuk Seaventure

Bertepatan dengan World Play Day tahun ini, Paddle Pop menghadirkan sebuah inovasi wisata virtual dunia bawah laut. Namanya Paddle Pop Main Yuk Seaventure, yang bekerja sama dengan Jakarta Aquarium.

Paddle Pop menginisiasi program ini untuk memberikan fasilitas bermain kepada anak-anak Indonesia dengan unsur edukasi. Diharapkan liburan sekolah kali ini akan menjadi liburan yang berkesan anak-anak bersama orang tuanya.

Saya dan Hammam sudah ikutan wisata virtualnya melalui zoom meeting pada tanggal 28 Mei 2021 tersebut, sambil pakai kostum bertema laut atau pantai. Acara ini diikuti oleh para emak dari Kumpulan Emak Blogger (beserta anak-anaknya) dan juga teman-teman media.

world play day

Bagi yang kemarin nggak bisa berpartisipasi dalam acara Paddle Pop Main Yuk, masih bisa mengikuti wisata virtualnya. Buibu tinggal beli es krim Paddle Pop varian apa saja sebanyak 4 buah di Indomaret, Alfamart atau Alfamidi. Kemudian foto struk pembeliannya dan kirimkan ke nomor whatsapp 0858-1223-1223. Setelah itu akan dikirimkan sebuah kode untuk mengakses “Seaventure” di website www.paddlepopmainyuk.com.

Langsung deh anak-anak bisa menikmati wisata virtual bawah laut yang berkesan. Selain memperkenalkan aneka biota laut, anak-anak juga akan diajak bermain kuis bersama Host Kak Sigi. It’s really fun!

Sharing Session Tentang Pentingnya Bermain Bagi Anak

Bukan hanya diajak berwisata virtual dunia bawah laut, para Emak juga mendapatkan pencerahan soal pentingnya bermain bagi anak. Narasumber yang hadir pada acara ini adalah Memoria Dwi Prasita selaku Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S. PSi., M. PSi Psikolog dan Diana Rikasari Perancang Busana dan Penulis.

Pada dasarnya bermain bisa menggunakan media apa pun yang ada di rumah. Bahkan dari bentuk dan warna es krim Paddle Pop saja sudah bisa menstimulasi anak. Dengan menyebutkan jumlah es krim, bagaimana bentuknya, apa saja warnanya, membantu anak-anak terbiasa melihat sesuatu secara kritis.

Memanfaatkan barang-barang di sekitar rumah dan menjadikannya sesuatu yang lain dengan konsep DIY juga bisa dilakukan, seperti yang dialami oleh Diana Rikasari. Perancang busana yang sejak kecil sudah terbiasa bermain DIY ini, mengaku sampai sekarang masih sering melakukannya bersama anak-anak.

Saya sendiri pun merasakan besarnya manfaat DIY sejak masih kecil hingga dewasa dan punya anak kecil. Sekarang kegiatan membuat mainan sendiri adalah salah satu kegiatan favorit saya dan Hammam.

Menurut Ibu Vera, bermain adalah aktivitas menyenangkan yang didominasi oleh emosi positif. Dan pesan-pesan yang disampaikan oleh beliau, ada 3 hal yang menjadi catatan saya.

Mainan Variatif

Karena bermain dapat memberikan dampak positif bagi anak, sebaiknya orang tua memfasilitasi mainan yang variatif. Terdiri dari bermain tenang, seperti main puzzle, menggambar atau membaca, yang baik untuk melatih konsentrasi. Juga bermain aktif, misalnya main tangkap bola, olah raga, dan lain-lain, untuk mengembangkan kognitifnya.

Eksplor Muatan Positif

Karena familiarnya teknologi bagi anak-anak, sehingga bermain dengan gadget sudah nggak terelakkan lagi. Kita masih bisa mengeksplor muatan positif dari gadget itu sendiri. Misalnya dengan memberikan konten yang sesuai dengan usia anak, berisi edukasi dan tetap memperhatikan screening time.

Keterlibatan Orang Tua

Dan yang terpenting dari semuanya adalah keterlibatan orang tua ketika anak-anak bermain. Pada bagian ini saya merasa sedikit bersalah, karena sering membiarkan anak bermain sendiri ketika sedang sibuk sama pekerjaan saya.

Tapi untungnya Hammam masih sering ngajakin saya main bareng. Jadi kalau ingat pesannya Bu Vera, saya bisa lebih sadar untuk meluangkan waktu bersama anak.

Seaventure Makin Fun dengan Oxygen Tank

world play day

Biar liburannya makin berkesan, boleh juga nih kita buat DIY alat selamnya dulu. Cara bikinnya gampang aja, kok, tinggal manfaatkan benda-benda yang ada di rumah.

Jadi, oxygen tank ini terbuat dari 2 buah botol plastik ukuran 1 liter. Kalau di rumah adanya yang lebih kecil atau lebih besar, nggak apa-apa. Masih bisa dibuat.

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan :

paddle pop main yuk

Cara membuat :

  1. Warnai botol dengan pilox, atau bungkus botol dengan aluminium voil sampai tertutup seluruh permukannya.
  2. Beri lakban hitam di 3 ruas botol
  3. Tempelkan kedua botol menggunakan lem UHU
  4. Tempelkan selembar kain flanel pada kedua botol yang sudah menempel tadi, tunggu lem kering.
  5. Pasang tali dengan menempelkannya di keempat sisi.
  6. Tutup ujung talinya dengan selembar kain flanel terakhir.

Oxygen tank siap dipakai menyelam!

paddle pop main yuk

Mulai sekarang semoga anak-anak Indonesia bisa mendapatkan haknya untuk bermain, ya. Bermain yang variatif, bermuatan positif dan ada kehadiran orang tua juga.

Happy World Play Day, Kids!

Baca juga : Permainan Seru DIY

Author

Enterprenuer and Crafter Mommy || I have one little kid, I love writing, sewing and photography || dzul.rahmat@gmail.com

Comments

Dhree
June 8, 2021 at 11:50 am

Keep the goods Mommy…..



June 10, 2021 at 10:22 am

Bahagia ini Hamam pastinya!

Udah gitu semua DIY itu berguna dan edukatif pake banget ya Va, bisa dicobain satu per satu biar Hamam tambah pinter!



June 10, 2021 at 7:35 pm

Hahhaa..Pengalaman aku banget waktu kecil sering dimarahin kalo main, lupa waktu, kalo main pulang bau aceum dan kulit gosong, abis mainnya diajakin ke bukit, sawah, diajarin nyuri timun di ladang orang lain sama teman2 di kampung komplekku. Hhhaaa, ahh bermain masa kecil yang menyenangkan.

Se-menyenangkan jaman now yang serba kreatif membuat DIY untuk seaventure bersama Paddle Pop, kereen parah. bikin anak2 experience dengan luar biasa .Meski hanya Virtuaal dulu hihi.



    June 10, 2021 at 10:06 pm

    Kenangan banget ya, Teh, masa kecil itu. Sekarang meski anak-anak nggak bisa mengalami experience yang sama, mereka tetap dapat sesuatu yang baru dengan bermain di rumah. Kitanya juga harus kreatif biar anak-anak termotivasi untuk inovatif.



June 11, 2021 at 7:27 am

Karena masih ada waktu sampai 30 juni, aku rencana mau ikutan lagi nih mba. Senangnya karena banyak yang dilakukan ya mba bersama anak walau dirumah saja



June 11, 2021 at 12:17 pm

Hak yg satu ini emang penting banget buat anak2.. Daan anak2ku tuh paham banget klo mrk punya hak bermain. jd klo ga dikasih izin main karena satu dan lain hal harus kuat alesannya. tp emang penting banget sih main buat usia mereka. mainan edukatif dr Paddle Pop gak kalah seru



    June 21, 2021 at 3:12 pm

    Haha, kritis ya Mbak anak-anaknya. Orang tua jadi latihan juga nih ngasih pengertiannya gimana supaya anak bisa menerima, bahwa ada kalanya lagi nggak bisa main dulu. Untungnya main Seaventure bareng Paddle Pop bisa dilakukan di rumah, anytime, ya.



June 11, 2021 at 3:37 pm

aku suka banget nih idenya PADDLE POP ini mengedukasi dan mengajak anak bermaind engan kreatif, apalagi ada es creamnya, duh suka deh pastinya



June 11, 2021 at 4:30 pm

Seru banget ya bisa nemenin anak bermain Seaventure. Menjelajahi bawah laut pasti menyenangkan buat anak. Saya juga penyuka es krim paddle pop, loh. Bukan cuman anak-anak aja yang suka eskrim soalnya.



June 11, 2021 at 5:43 pm

seru banget lho ini Paddle Pop Seaventure melihat biota laut dan mengenalnya lebih dekat lagi, trus juga ada cerita tentang duyung kan ya..



June 11, 2021 at 7:15 pm

Ini bisa jadi pengalaman yang sangat menarik bagi anak. Bisa membuat sesuatu secara DIY dan bisa berpetualang di dunia bawah laut.
Memang mama kreatif!



June 11, 2021 at 7:48 pm

Seru banget ya Seaventure ini.. Anak-anak jadi makin betah main di rumah.. Apalagi kalao suatu saat beneran bisa main di bawah laut… Keren.



June 11, 2021 at 7:58 pm

wah saya baru tahu kalau 28 Mei adalah world play day..
bener banget tuh, main memang menyenangkan
bahkan bagi orang dewasa pun, bermain masih tetap menyenangkan
meski memang, permainan itu akan berbeda2 di tiap level umur\
mungkin karena salah satu fitrah manusia yakni homo ludens (manusia bermain ya…)
Dan bentuk permainan pun berkembang mengikuti perkembangan zaman,
salah satunya seperti eprmainan virtual dari paddle pop ini



June 12, 2021 at 1:40 am

Iyaaa aku juga lupa waktu kalau main. Balik sekolah main dulu 😆 nongkrong 😅
Ampuun masa2 ituu
Haam seru ya bebikinannya, siap menyelam bertemu mermaid



June 12, 2021 at 9:38 am

Serruuu bangeet bisa bebikonan mainan sama anak ya.. apalagi ditemani paddle pop. Satu yg aku syukuri sejak pandemi tu jd makin kreatif bebikinan DIY toy eupayq si kecil ga bosen di rumah. Bener banget kata bu psikolog dr permainan sederhana pun banyak manfaat yg didapat anak. Makanya jd semangat bebikinan mainan jd meskipun banyak di rumah belajar tetep fun



June 12, 2021 at 9:48 am

Otw minimarket ah… Mau beli paddle pop biar bisa ikut keseruan main seaventure. Anak-anak pasti bakal seneng banget ya



June 12, 2021 at 11:54 am

Bermain yang variatif, bermuatan positif dan ada kehadiran orantua seperti seru-seruan di Paddle Pop Main Yuk yang beneran menyenangkan ya…
Senang jika diingatkan akan World Play Day ini untuk memenuhi hak bermain anak



Adriana Dian
June 12, 2021 at 4:53 pm

anak aku juga dah nyobain seaventure nih maaaaak.. seru bangeeeettt.. aku baru denger tentang world play day nih, ternyata diperingati setiap tahun untuk mengiatkan anak-anak bermain edukatif yaaaa



June 12, 2021 at 8:34 pm

Asik juga Hamam mainan kayak lagi di pantai, meski virtual dan yang seru tuh bikin Oxygen Tank. Ngajarin anak tentang keamanan saat diving gini jadi pengisi liburan yang seru yaa.



June 12, 2021 at 9:52 pm

Ya ampun jadi diingetin lagi mau ngajakin anak-anak ikut seaventure, hampir aja kelupaan…



June 12, 2021 at 10:50 pm

Gemes banget deh DIY bikin tabung oksigennya. Seneng ya ada aktivitas positif selama pandemi dengan seaventure bersama paddle pop ini. Es krim favorit aku sejak jaman SD nih



June 12, 2021 at 11:18 pm

senangnya ya mbak anak-anak bisa bermain dengan fasilits yang diberikan oleh paddle pop, ga cuma seneng karena mkan es krim lembutnya tapi juga wisata lautnya yaa. jadi liburan di rumah aja tetep betah



June 13, 2021 at 12:09 am

Salut untuk Paddle Pop telah menghadirkan inovasi bermain dengan wisata laut virtual. Mengajak anak berpetualang dengan seru meski dari rumah saja. Tentunya lebih aman ya kalau untuk situasi pandemi saat ini. Dan, kreatif sekali bikin oxygen tank, hehe jadi ingin ikutan bermain, soalnya mendadak kangen laut nih. Udah lama nggak nyelam, liat bawah laut sungguhan.



June 14, 2021 at 5:37 am

Wah tertarik banget pengen nyobain permainan virtual ini juga bareng anak-anak. Kebetulan penggemar paddle pop juga serumah. Seru dan edukatif juga nih



June 14, 2021 at 10:13 pm

Untungnya ya jaman sekarang udah banyak banget media yang bisa jadi sumber inspirasi para emak mencari ide bermain bersama anak.



June 16, 2021 at 1:38 pm

Main DIY ini emang membunuh rasa bosan banget. Aqsa aja suka bebikinannya walaupun yah dia mah suka ngeyel riweuh sendiri, haha.



June 16, 2021 at 1:45 pm

Seru banget ya petualangan Hamam di Seaventure. Menjelajahi bawah laut sambil makan es krim paddle pop



June 16, 2021 at 1:51 pm

Pake Topi, ukulele, dan kacamata..komplit yess menikmati Seaventure bareng Hammam. Tapi kayanya Mamanya yang excited nih dibanding anaknya ahaha.
Ternyata meluangkan waktu bermain bersama anak itu penting bagi tumbuh kembang anak.



June 16, 2021 at 4:08 pm

Asyik banget ya bisa ikut kegiatan paddle pop bareng anak



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *