tur virtual
Travel & Culinary

Tur Virtual Bersama Wisata Kreatif Jakarta

Kangen liburan? Haeyalaaah! Saya yang jarang nge-trip saja rasanya rindu banget pengin lihat gunung atau pantai. Apalagi kalian yang sudah menjadikan traveling sebagai gaya hidup. Whaaaa nggak kebayang deh itu seberat apa harus menahan rindu. Akhirnya mengikuti tur virtual menjadi jalan keluar bagi saya untuk menikmati lingkungan di luar rumah. Yeeey, malam minggu kemarin saya bersama teman-teman dari Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) jalan-jalan halu selama 2 jam. Nggak nyangka, sungguh berkesan, gengs!

Tur virtual adalah kegiatan wisata yang dilakukan secara online melalui platform video conference, seperti Zoom, Google Meet atau yang lainnya, yang semakin nge-trend sejak pandemi mengguncang dunia. Karena nggak memungkinkan untuk melakukan perjalanan traveling selagi Corona masih menghantui, maka tour organizer Wisata Kreatif Jakarta mencetuskan ide untuk melakukan jalan-jalan via dunia maya.

Sebelumnya saya sudah pernah mengikuti tur bersama Wisata Kreatif Jakarta tahun lalu. Waktu itu kami melakukan wisata sejarah ke Pelabuhan Sunda Kelapa, Menara Syahbandar dan Museum Bahari di daerah Jakarta Utara. That was so memorable trip, secara saya nilai saya di mata pelajaran sejarah kurang bagus, haha. Tapi melalui wisata sejarah jadi lebih mudah memahami dan gampang ingat.

Makanya kemarin tertarik banget pas dapat info akan ada wisata sejarah lagi, meski hanya lewat Zoom. Tur virtual yang berlangsung selama 2 jam ini tetap seru dan meninggalkan kesan yang berbeda. Sama seperti wisata sejarah yang sebelumnya, kali ini tour guide yang bertugas adalah Mbak Ira, dengan tema Wisata Kemerdekaan Indonesia.

Wisata Sejarah Jelang Hari Kemerdekaan Indonesia

Sesuai dengan temanya, saya dan peserta tur lain yang jumlahnya lebih dari 50 orang ini diajak mengunjungi tempat-tempat yang berhubungan dengan peristiwa sejarah Kemerdekaan Republik Indonesia. Mbak Ira Lathief menampilkan foto 360 derajat dari Google Streetview, membuat saya mendapatkan gambaran yang jelas dari tempat yang dikunjungi.

Pertama kami mengunjungi Museum Sumpah Pemuda di Jalan Kramat Raya, Kwitang, Jakarta Pusat. Meskipun Sumpah Pemuda cukup jauh dari hari kemerdekaan, tetapi peristiwanya saling berhubungan, yaitu sebagai tempat dilaksanakannya Kongres Pemuda sebagai upaya mempersatukan bangsa.

Wisata dilanjutkan ke Museum Pancasila, Gedung Joang ’45, Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan Monumen Proklamasi yang merupakan bekas rumah Soekarno dan Fatmawati.

Rute wisata ini sama dengan rute napak tilas secara langsung yang biasanya dilakukan pada hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Kalau biasanya kita bisa melihat banyak pengunjung yang mengenakan kostum khusus seperti pejuang kemerdekaan, kali ini saya dan teman-teman hanya bisa mendengarkan ceritanya Mbak Ira saja. Tapi tetap fun, kok.

Kesan-kesan Pertama Kali Tur Virtual

Tur virtual tentunya berbeda dengan wisata secara langsung, tapi saya tetap menikmatinya. Soalnya asyik, sih, dengan duduk di rumah bisa mendapatkan banyak informasi sejarah dari Mbak Ira. Dan saya bisa berkenaan dengan teman-teman baru juga.

Yang paling berkesan adalah, dari satu lokasi wisata ke lokasi lainnya nggak butuh waktu lama. Haahaha. Karena tinggal nunggu pemandu tur pindah window tab saja. Dan selain memperkenalkan wisata sejarah, Mbak Ira juga menyelipkan cuplikan-cuplikan film sejarah seperti film berjudul Wage, tentang perjalanan WR. Supratman dan proses penciptaan lagu Indonesia Raya, dan film Soekarno.

Selain itu wisata virtual kali ini dilengkapi dengan info-info kuliner, melewati rumah-rumah bersejarah seperti rumah Moh. Hatta dan Ahmad Soebardjo (salah satu yang merumuskan Pancasila).

Happy banget bisa menambah wawasan soal sejarah kemerdekaan bersama Wisata Kreatif Jakarta. Meski pandemi, nggak menghalangi kita untuk tetap bisa jalan-jalan. Apalagi ada jadwal rutin untuk tur virtual lainnya. Saya lagi milih-milih, nih, mau wisata ke mana lagi setelah ini. Selain tur virtual dalam negeri, ternyata ada juga wisata luar negerinya, seperti ke Madinah dan Roma. Whaaaa… seru banget nggak, sih????

Kalian bisa cek instagramnya @wisatakreatifjakarta untuk info lengkap jadwal turnya. Semoga kita bisa tur bareng habis ini, yaaa.

Terima kasih Komunitas ISB dan Wisata Kreatif Jakarta yang sudah membawa saja menjelajah waktu di detik-detik proklamasi. Oh ya tur virtual ini juga didukung oleh Kinokuniya Bookstore. Thank you….

Author

Enterprenuer and Crafter Mommy || I have one little kid, I love writing, sewing and photography || dzul.rahmat@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *