tujuan ngeblog jangka panjang
Hobby & Interest

Tujuan Ngeblog Jangka Panjang

Judulnya serius banget, ya, gengs? Sampai bingung mau nulis apa. Waktu bikin blog dulu tuh saya cuma iseng. Dan isengnya kebangetan pula sampai nggak tahu kalau di luar sana para blogger saling kenalan dan punya komunitas segala. Jadi semacam punya blog tapi nggak punya tujuan gitu, lah. Jangankan tujuan ngeblog jangka panjang, bahkan jangka pendeknya pun masih blur. Waduh, mikir keras dulu ini mah.

Jangankan punya tujuan, bikin blog saja cuma ikut-ikutan teman, seperti yang pernah saya ceritakan dalam tulisan berjudul Alasan Ngeblog : Gara-gara Raditya Dika. Barulah ketika saya mengenal salah satu komunitas blogger, mulai ada keinginan untuk memperlakukan blog dengan lebih baik selain sebagai tempat untuk menyalurkan hobi menulis. Saya melakukan brainstorming untuk menentukan tema dan kategori blog, target pembaca dan memperbaiki tampilannya.

Saat itu tujuan saya ngeblog ada dua, yaitu punya pembaca dan punya penghasilan. Dua hal yang memerlukan effort berbeda tetapi bisa dijalani bersamaan.

Untuk bisa punya pembaca, tulisan saya harus mudah ditemukan. Maka saya tertarik untuk belajar SEO (Search Engine Optimization) secara otodidak dengan tujuan tulisan saya bisa lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Selanjutnya saya banyak menulis tips dan review yang awalnya hanya berdasarkan pengalaman pribadi kemudian berlanjut dengan tawaran sponsored post.

Sementara untuk mendapatkan penghasilan saya pakai cara mengikuti kompetisi blog. Dan ini benar-benar nggak mudah. Tetapi dari kompetisi inilah saya jadi lebih banyak belajar menulis yang baik, menarik dan disukai pembaca. Dan saya sadar, bahwa pemenang lomba-lomba yang pernah saya ikuti adalah mereka yang menulis dengan sudut pandang yang unik.

Tujuan Jangka Pendek

Untuk saat ini rasanya saya ingin terus menulis entah sampai kapan, mungkin sampai saya sudah nggak bisa menulis lagi. Sementara ini tujuannya masih sama, ingin blog dibaca oleh banyak orang dan ingin memiliki penghasilan dari blog.

Untuk mewujudkannya adalah dengan terus berlatih dan belajar. Saya masih suka mengikuti workshop SEO dari yang gratis sampai berbayar, baik itu secara online maupun offline. Diimbangi dengan mengikuti workshop menulis dan latihan membuat tulisan dengan sudut pandang yang unik.

Mengapa harus unik atau berbeda? Karena ini merupakan salah satu kriteria penilaian yang poinnya cukup besar. Unik dan nggak keluar dari tema pasti memiliki nilai tambah.

Tulisan saya yang pertama kali menang lomba berjudul Ketika Profesi Dipandang Sebelah Mata berisi tentang profesi seorang penjahit. Kemudian pemenang lainnya menulis tentang hobi menggambar yang berjudul “Kamu Bukan Ilustrator”. Lomba ini diselenggarakan oleh perusahaan asuransi dengan tema “Bagaimana caranya menghadapi tantangan”. Bisa dilihat kedua tulisan sama-sama memiliki angle yang jarang ditulis.

pemenang lomba blog

Sejak itu saya jadi ketagihan untuk mencoba menulis dengan angle yang nggak biasa. So, metode ini akan tetap saya pertahankan demi mencapai tujuan ngeblog.

Peluang Lainnya dalam Tujuan Jangka Panjang

Sedangkan tujuan ngeblog jangka panjang saya ingin mendapatkan sebanyak-banyaknya peluang selain menulis. Karena baik secara langsung atau nggak langsung, dari ngeblog selain bisa menghasilkan uang juga banyak sekali kesempatan yang saya dapatkan. Seperti memiliki barang yang selama ini saya inginkan lalu tiba-tiba dapat hadiah dari ngeblog. Yang paling senang sih kalau bisa jalan-jalan dari ngeblog.

Saya yakin dimulai dari ngeblog terbuka banyak sekali jalan untuk sesuatu yang lain. Seperti tulisan dengan sudut pandang unik akan mudah dilirik oleh brand, foto yang profesional akan mendatangkan rezeki job motret, infografis yang menarik juga bisa berpeluang dilamar sebagai content creator atau desain grafis. Aamiin.

Dan semua itu butuh proses serta butuh waktu untuk belajar lagi. Jadi saya nggak akan berhenti belajar demi tujuan ngeblog bisa tercapai. Sambil belajar, sambil ditulis pengalamannya biar banyak orang bisa terbantu, semoga makin berkah ya, gengs.

Kalau kamu, apa tujuan kamu ngeblog? Ceritain dong di kolom komentar.

Author

Enterprenuer and Crafter Mommy || I have one little kid, I love writing, sewing and photography || dzul.rahmat@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *