fbpx
timmyness idn media
Business

Timmyness IDN Media yang Menginspirasi

Hai, gengs. Selamat hari Senin. Nggak biasa-biasanya, hari ini Seninnya lebih semangat, ya. Soalnya kenapa? Ini kan tanggal 30, gengs! Haha. Buat yang terima gaji bulanan, hari ini adalah yang paling ditunggu. Semoga dengan tibanya hari gajian ini, semakin semangat terus bekerjanya. Makin kreatif, selalu berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai luhur perusahaan.

Iyes, dooong. Menjalankan nilai-nilai perusahaan memang sudah sepatutnya dilakukan oleh semua karyawan untuk menuju kepentingan bersama. Apa sih yang dimaksud dengan nilai yang dimiliki oleh perusahan? Bagaimana agar kita bisa menjalankannya dengan sepenuh hati?

Sama seperti kita menerapkan nilai-nilai di dalam keluarga, seperti harus berkata jujur, saling menghormati dan menghargai, disiplin, rajin menabung dan sebagainya. Begitu pun di perusahaan tempat kita bekerja. Ada nilai-nilai yang harus menjadi acuan untuk membentuk perilaku positif di dalam perusahaan.

Sebagai contoh, saya akan bahas tentang Timmyness, 10 nilai fundamental di IDN Media, yang diciptakan oleh Winston Utomo, Founder dan CEO IDN Media. Timmyness dibuat untuk membentuk sistem, kebijakan dan strategi perusahaan. IDN Media sendiri merupakan perusahaan media yang mengoperasikan banyak platform seperti IDN Times, IDN Event, IDN Creator Network, IDN Pictures dan masih banyak lagi.

Timmyness bukan hanya cocok diterapkan di perusahaan IDN Media, tetapi bisa juga diikuti oleh kita semua, di mana pun kita bekerja, bahkan bagi yang bekerja di rumah sekali pun.

Bringing Creativity, Sincerity and Passion to The Work 

Membawa kreativitas, ketulusan, dan semangat dalam bekerja. Saat ini kreativitas seolah menjadi yang utama dalam pekerjaan. Dengan kreativitas maka seseorang bisa menuangkan ide-idenya dengan lebih lugas dan nggak akan kesulitan dalam menemukan jalan keluar dari sebuah masalah. Ditambah dengan ketulusan dan semangat saat bekerja, diharapkan ide-ide itu terus mengalir tanpa batas.

timmyness idn media

Communicating Properly and Acting Ethically

Artinya berkomunikasi dengan benar dan bertindak secara etis. Memang kemampuan komunikasi antar karyawan harus berjalan dengan baik untuk menghindari adanya konflik. Dengan komunikasi yang benar, minim kesalahpahaman dan satu sama lain memahami maksud dan tujuan yang disampaikan, pekerjaan pun bisa berjalan lancar.

Karena di IDN Media memberlakukan kolaborasi antar anggota internal, komunikasi yang baik harus disertai dengan tindakan yang etis, menghargai setiap orang di mana dan kapan pun.

Thriving in Ambiguity and Fast-paced Environment with Constant Changes 

Berkembang di tengah ambiguitas dan perubahan yang dinamis. Memang yang namanya perubahan itu nggak akan bisa kita hindari. Tapi siapa pun yang pandai beradaptasi dengan perubahan itu, pasti bisa bertahan. Perubahan bukan hanya sesuatu yang datang kepada kita, tetapi kita pun bisa menjadi yang menciptakan perubahan tersebut.

Being Active and Collaborative Rather Than Competitive 

Bersikap aktif dan kolaboratif, bukan kompetitif. Ketimbang saling berkompetisi satu sama lain, IDN Media lebih mengutamakan anggotanya untuk bersikap aktif, saling mendukung dan berkolaborasi dalam menciptakan sebuah karya. Kolaborasi dinilai akan lebih efektif, efisien dan menjamin suatu pekerjaan.

timmyness idn media

“Saya rasa, kompetitif itu sudah out-of-date. Kita malah harus terus berupaya untuk meminimalisasi adanya persaingan tak sehat. Harus diingat bahwa persaingan juga bisa jadi salah satu akar dari perpecahan,” kata Winston. 

Embracing Diversity

Menghargai perbedaan. Kalau yang ini sejalan banget dengan semboyan bangsa kita, yaitu Bhineka Tunggal Ika. Karena meskipun setiap orang berbeda-beda, pada akhirnya kita adalah satu kesatuan Indonesia. Makanya ‘menghargai perbedaan’ pun dimasukkan ke dalam nilai IDN Media. Dengan begitu setiap karyawan yang bekerja di IDN Media akan merasa nyaman dan seimbang.

Maintaining A Positive Attitude Even When Things Do Not Go One’s Way 

Mempertahankan sikap positif, bahkan ketika sesuatu tak berjalan sesuai dengan harapan. Positive thinking memang harus dijadikan budaya agar bisa tetap bersikap positif ketika ada sesuatu yang di luar ekspektasi. Dengan berpikiran positif bukan hanya berdampak baik bagi diri sendiri, tetapi lebih luas lagi kepada orang-orang di sekitar dan lingkungan kerja yang menyenangkan.

Assistin Others in The Group with Their Work for The Benefit of The Group

Membantu rekan kerja demi kepentingan kelompok. Dalam kehidupan sosial seseorang tidak bisa hidup sendiri, pasti akan membutuhkan bantuan pihak lain dan harus membantu orang lain juga. Timmyness mengajak Timmy untuk saling menolong dan mendukung sebagai jalan untuk mencapai kesuksesan sebuah tim.

Praising Coworkers When They are Successful and Helping Them When They Need It

Memuji rekan kerja saat mereka sukses dan membantu mereka saat mereka membutuhkannya. Setiap pencapaian seseorang layak untuk diapresiasi. Sebaliknya kegagalan seseorang bukan hal untuk ditertawakan, melainkan harus didukung. Pada nilai ini Timmy diajak untuk bisa lebih apresiatif dan menghargai pekerjaan masing-masing.

Doing The Right Thing Even When No One is Watching

Melakukan hal yang benar bahkan ketika tak ada yang melihat.  Tentunya ini berkaitan dengan integritas atau nilai-nilai kejujuran. Siapa saja yang memiliki integritas tinggi pastinya akan selalu melakukan hal yang benar di mana pun berada, ada atau tidak ada yang melihatnya. Dan hal ini dapat mempengaruhi kredibilitas seseorang.

Seeing The Company’s Success As One’s Own Success

Melihat kesuksesan perusahaan sebagai kesuksesan diri. IDN Media mengharapkan kesuksesan perusahaan sebagai kesuksesan seluruh tim. Dengan demikian Timmy mempunyai rasa memiliki yang kuat serta rasa bangga sehingga ingin terus maju bersama perusahaan.

timmyness idn media

Keren banget, ya, gengs? Semua Timmyness ini dibuat sesuai dengan perkembangan zaman dan mengutamakan kebersamaan. Seperti saling mendukung, membantu, berkolaborasi dan rasa memiliki. Apalagi nilai yang terakhir itu, bahwa kesuksesan IDN Media adalah kesuksesan bagi semua tim, kayaknya bakal ‘ngena’ banget di hatinya para Timmy.

10 Timmyness ini menginspirasi banget, sih buat saya. Dan bisa juga diaplikasi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Terima kasih sudah membaca blog ini. Besok saya akan posting artikel menarik lainnya, jangan lupa mampir lagi, ya. 😎

Author

Enterprenuer and Crafter Mommy || I have one little kid, I love writing, sewing and photography || dzul.rahmat@gmail.com

Comments

December 1, 2020 at 6:56 pm

Point’ point’ diatas banyak benernya dan sehari hari aku juga berusaha untuk nerapin di lingkungan kantor
Kalaupun misal harus bersaing, tapi tetep sehat dan sesuai jalur aja



December 3, 2020 at 5:28 pm

Membaca tentang IDN, aku sering menemukan mereka kalau ingin mendapat informasi terntu di internet. Butir-butir prinsip dalam perusahaan mereka, bisa juga kita praktekan pada usaha sendiri atau sebagai pekerja yang bernaung di sebuah perusahaan. Perusahaan bagus yang untung bukan hanya ownernya tapi semua orang yang bernaun di bawah namanya..



December 4, 2020 at 11:12 am

wah ini semacam budaya perusahaan nya IDN Times ya mbak
keren budaya perusahaannya, makanya konten konten di IDN Times juga kece



December 4, 2020 at 4:04 pm

TIMMYNES ini unik ya, dan ini lebih seperti etos kerja sih, karena doing the right thing even no one watching you, adalah sesuatu yang jarang sekali sekarang kita temukan



December 4, 2020 at 8:08 pm

Dengan poin-poin baik yang perusahaan tanamkan, akan membentuk karakter karyawannya. Bila sudah tidak bekerja di perusahaan, dipastikan akan terbawa ke kehidupan sehari-hari di kemudian hari.



December 5, 2020 at 2:22 am

Sering masuk IDN Times tiap kali searching something di google. Emang keren yaaa…



December 5, 2020 at 8:14 am

Asli keren banget nih Timmyness, bisa kita terapkan di bisnis dan profesi kita juga dalam kehidupan sehari-hariv ya..misalnya bekerja dengan tulus, dari hati pasti hasilnya akan lebih bagus…



December 5, 2020 at 1:37 pm

Saya suka baca IDN times dan pernah nulis di sana. Bahasanya ringan dan asyik juga. Baru tau ada Timmyness ini. Saya sangat respek dengan perusahaan yang memiliki nilai-nilai kayak gini, jadi mereka kerja bisa terarah, gimana membentuk sistem juga. Salut untuk IDN Times, semoga ke depannya terus eksis dan menyajikan artikel-artikel terbaik.



December 5, 2020 at 1:43 pm

Gak asing lagi kalo dengar IDN ya. Aku suka semangat kebersamaan ini, malah jadinya bikin makin kompak dan cepat maju



December 5, 2020 at 3:46 pm

Ini menarik banget poin-poinnya. Bisa dipraktekkan di kehidupan sehari-hari juga. Paling suka dengan apresiasi terjahap keberhasilan rekan sekerja dan membantu bila dibutuhan. Karena kadang-kadang ada personal yang egonya masih tinggi sekali



December 5, 2020 at 7:07 pm

Suka banget sama IDN, selalu spread positivity untuk pembaca ya. Poin poin yang jadi core values bisa diterapkan ke diri masing-masing sebagai refleksi. Udah mau tahun baru juga, buat resolusi tahun depan.



December 5, 2020 at 8:14 pm

banyak tips yang oke ya mba.. and we can definitely do the better and the right things as well.. always



December 5, 2020 at 9:39 pm

IDN Times memang visi misinya concern lebih ke anak muda ya, makanya konsep utamanya adalah kreativitas



December 5, 2020 at 10:29 pm

Bener banget, Timmyness IDN Media ini keren banget setiap poinnya. Karyawan beneran disejajarkan. Dan bagus buat kedua belah pihak. Ya karyawan, ya perusahaan. Coba tiap perusahaan punya visi seperti itu, pasti setiap goalnya bisa tercapai dengan baik



December 5, 2020 at 10:43 pm

Wuahh Timmyness ini rupanya nilai-nilai yang tertanam di balik semua proses kreatif IDN Media yaa. Gak heran sih dengan kesuksesan IDN Media saat ini, karena dibangun dengan 10 nilai/etos kerja yang demikian baiknya.



December 5, 2020 at 11:16 pm

budaya kerja yang bagus biasanya melahirkan etos kerja yang bagus juga ya mba, dan memang keren IDN ini kelihatan banget budaya kerjanya bisa terpancar lewat berbagai pemberitaan mereka yang jernih. inobasi di bidang media yang bagus



December 5, 2020 at 11:24 pm

Tempat kerja kalau menyenangkan ini semua jadi semangat dan menyenangkan yaa..
Sukses terus Timmyness IDN.



December 5, 2020 at 11:50 pm

Poin unik yang bikin hidup lebih baik dan semangat ya mak. apalagi di lingkungan perusahaan bisa lebih dilakukan biar semua jadi lebih enak sesama karyawan dan kerjanya juga jadi nyaman



December 7, 2020 at 12:44 am

Prinsip-prinsip yang sangat bagus untuk mengembangkan budaya organisasi. Hal ini bisa memupuk solidaritas dan kreativitas selama menjalani pekerjaan.



Sapti nurul hidayati
December 7, 2020 at 11:43 am

Senang ya, jika budaya perusahaan sangat positif gini. Jadi tiap-tiap karyawan yang terlibat di dalamnya merasa bangga dan berusaha memberikan yang terbaik…



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *