fbpx
santan restaurant
Travel & Culinary

Menikmati Sushi Betawi di Santan Restaurant Ciledug

Di pagi yang gerimis itu saya mengendarai sepeda motor menuju sebuah hotel yang cukup ditempuh 10 menit saja dari rumah. Meskipun sudah berniat untuk ‘libur dulu’ karena banyak PR yang harus diselesaikan, nyatanya dengan senang hati saya tetap menerima undangan dari Horison Hotel Ciledug.  Tapi pas sudah tiba di restonya—yaitu Santan Restaurant, saya malah deg-degan. Ternyata cooking class hari itu menunya Sushi Betawi. Whaaat? Saya enggak suka sushi, gimana dong?

Sejujurnya saya baru sekali makan sushi di resto jepang, sudah lama sekali pula sekitar 5 tahun yang lalu. Karena enggak suka sama rasanya jadi ya setelah itu memang enggak pernah ada niatan untuk icip-icip sushi lagi. Sampai akhirnya kenalan sama Chef Po dari Santan Restaurant yang pada hari Jumat tanggal 9 November 2018 lalu mengajarkan para undangan untuk membuat Sushi Betawi.

santan restaurant cooking class

Bapak Yusuf Efefndi selaku General Manager Horison Hotel Ciledug mengatakan, “Sushi dipilih karena makanan ini merupakan makanan dari Jepang yang sudah lama sekali menjadi favorit di Indonesia. Berhubung menu ini akan dihadirkan di Santan Restaurant yang lokasinya berada di Jakarta, maka Chef Po berimprovisasi dan memberinya nama Sushi Betawi.”

Selama rangkaian acara, turut hadir Ibu Heni Juniarti selaku Coorporate Marketing Communications dari Metropolitan Golden Management (MGM) yang membawahi Horison Hotel serta beberapa brand lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Ibu Heni yang sudah bekerja di bidang hospitality selama 25 tahun merasa sangat senang bekerjasama dengan media dan blogger dalam hal branding di era digital. Saya sih berdoa ya, semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut, Bu… :D

santan restaurant
Ibu Heni Juniarti, Corporate Marketing Communications of Metropolitan Golden Management

Media launcheon and cooking class ini merupakan program dari MGM, dalam rangka menyambut tahun 2019 yang akan menjadi “Culinary Year” bagi Horison Hotel Grup secara keseluruhan. Maka dari itu MGM akan mengadakan roadshow ke beberapa daerah untuk mempromosikan signature food dari masing-masing hotel.

Mari Membuat Sushi

santan restaurant sushi betawi
Sushi Betawi by Santan Restaurant Horison Hotel Ciledug

Membuat sushi itu mudah, selama bahan-bahan yang digunakan masih dalam keadaan fresh. Saya sudah pernah mencoba membuatnya ketika mengikuti cooking class juga. Bedanya yang saya buat waktu itu adalah sushi-nya orang Korea, yaitu Gimbap. Cara membuatnya sama, hanya isiannya saja yang berbeda. Sushi Betawi sendiri menggunakan chicken katsu sebagai isinya.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sushi Betawi adalah : nasi jepang, nori, ayam katsu, mentimun dan mayonais wasabi.

Cara Membuat Sushi Betawi
  1. Ambil sehelai nori, letakkan di atas alat bantu atau gulungan sushi.
  2. Ambil nasi jepang kurang lebih 110 gram, pipihkan atau ratakan sampai seukuran setengah nori.
  3. Letakkan potongan ayam katsu dan mentimun agak ke tepi nasi.santan restaurant sushi betawi
  4. Gulung perlahan sambil agak ditekan menggunakan gulungan sushi hingga berbentuk roll.
  5. Potong menjadi 8 bagian, pindahkan ke piring dan ditata rapi.santan restaurant sushi betawi
  6. Tambahkan mayonais wasabi.

Tips dari Chef Po, karena nasi jepang harganya lumayan maka bisa diganti dengan nasi biasa yang saat memasaknya dicampur dengan beras ketan. Komposisinya, beras ketan sebanyak 1/5 dari beras biasa. Misal beras biasa 1000 gram, berarti beras ketannya sebanyak 200 gram. Kemudian sebelum memotong sushi sebaiknya pisau dibasahi terlebih dahulu dengan sedikit air, agar potongannya tidak lengket.

Setelah cooking class selesai semua undangan dipersilakan untuk mencicipi signature dish dari Santan Restaurant tersebut. Saya? Yaaaa, ikutan dong mengambil 2 potong sushi karena penampakannya yang sangat menggugah selera. Hanya 2 potong karena takut enggak habis, mengingat pengalaman sebelumnya dengan jenis makanan ini.

santan restaurant sushi betawi
Dua potong yang ternyata kurang :(

Ternyata sushi yang akan launching bulan Desember mendatang ini rasanya berbeda. Mungkin karena ayam katsu memang cocok di lidah saya, mentimun segarnya pun saya suka. Nori yang crunchy serta nasi yang sangat pulen-lengket semakin nikmat dengan tambahan mayonaisnya. Whaaa 2 potong aja sih kurang!! Tapi apa mau dikata, semua orang tampaknya suka sama sushi karya Chef Po ini. Selesai 2 potong tadi, selesai pula semua sushi di meja makan. Huaaaa. Bulan Desember harus balik lagi sih kalau menunya sudah launching. Yes!

Atau bikin sendiri lah di rumah, bentuknya yang kecil dan lucu siapa tahu bisa menarik perhatian anak saya.

Santan Restaurant

santan restaurant

Saatnya makan siang kami disuguhi berbagai menu nikmat di Santan Restaurant. Saya sengaja mengambil banyak menu karena pengin mencoba semua, tapi tentu porsinya masing-masing sedikit saja supaya muat di perut saya ;).

Menu yang saya pilih adalah chicken barbeque, soy glazed fish, grilled vegetable dan pasta aglio sambal matah. Tak lupa juga vegetable and fruit salad yang ada buah delimanya..

Meskipun Santan Restaurant memiliki gara arsitektur Eropa yang khas, setiap menu yang dihidangkan hari itu ternyata memiliki cita rasa Indonesia. Seperti pasta aglio sambal matah itu rasanya gurih dan pedas, khas Indonesia banget. Chicken barbeque bumbunya enggak berlebihan tapi sungguh meresap sampai ke bagian terdalam, serta dagingnya empuk.

santan restaurant

Lalu untuk soy glazed fish, tekstur ikannya lembut tapi enggak hancur. Teman saya, Mbak Fika yang katanya enggak suka ikan malah jadi suka loh. Mungkin kejadiannya sama kayak saya yang jadi doyan Sushi, ya? Terus Mbak Fika juga mengambil krim sup yang terbuat dari kentang, katanya itu enak banget. Sayang sekali saya sudah kenyang dengan semua menu yang saya ambil termasuk salad segarnya. Tapi saya enggak ragu, sih. Semua hidangannya memang se-lezat itu.

Selain itu Santan Restaurant juga menyediakan menu Shi Yu Chinese yang 100% halal. Menu ini bisa dinikmati oleh siapa saja, baik tamu yang sedang menginap di hotel maupun tamu yang hanya datang untuk makan saja di restoran. Dan warga sekitar Ciledug sekarang enggak perlu bingung lagi cari tempat makan yang mewah sekelas hotel namun harganya tetap terjangkau. Yaitu mulai Rp. 100.000 dine in pukul 12 siang hingga pukul 10 malam.

Kapasitasnya yang luas bisa banget dijadikan tempat untuk mengadakan acara arisan, reuni dan ulang tahun. Paketnya Rp. 150.000 nett/person, dengan free venue selama 4 jam, dekorasi meja, welcome drink dan menu (5 main course, 2 appetizer, 3 dessert, stall). Hayo, buibu yang punya gank arisan atau mau bikin reuni bareng teman-teman sekolah bisa langsung reservasi.

Horison Hotel Ciledug

Jl. Ciledug Raya No. 17 Jakarta Selatan 12270

Email : admsales.ciledug@horisonhotels.com

Phone : (021) 3048 7700

Mobile : 0812 1354 7700

santan restaurant
Kapasitas 800 pax standing

Untuk event-event besar seperti prom night atau wedding, Santan Restaurant memiliki kapasitas 800 pax standing. Atau di bulan Desember nanti akan dibuka ballroom Horison Hotel Ciledug dengan kapasitas 600 pax.

Oh ya, kalau cuma mau ngopi atau ngeteh juga bisa, nih. Tepatnya di Sekeca Lounge, yang posisinya berada di dekat lobby.  Horison Hotel Ciledug bekerjasama dengan Savis Tea yang merupakan brand teh premium di Indonesia. Ketika saya di sana momennya memang lagi paaas banget, di luar sedang hujan deras.

Lalu saya disuguhi Mango Tea, teh dengan aroma mangga dan Exotic Especia Tea yang mengandung rempah-rempah. Setelah itu badan jadi terasa hangat.

Ok gengs, segitu dulu, ya. Semoga segera bisa nulis review hotelnya. Nunggu undangan berikutnya nih dari Horison Hotel Ciledug ;)

santan restaurant

Author

Enterprenuer and Crafter Mommy || I have one little kid, I love writing, sewing and photography || dzul.rahmat@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *