serum anti penuaan
Health / Tips & Review

Serum Anti Penuaan dan Tips Awet Muda

Serum Anti Penuaan dan Tips Awet Muda. Seorang gadis belia yang saya temui dan mengajak ngobrol di bus tempo hari memandangi saya dengan tatapan yang bikin enggak enak hati. Matanya bergerak dari atas ke bawah, sampai ke atas lagi, demi untuk meyakinkan apa yang ia lihat. Padahal salah saya apa, coba? Hanya gara-gara berkata jujur bahwa saya sudah menikah, punya anak dan umur saya sudah 34 tahun. Gadis itu enggak percaya, karena sebelumnya ia merasa kami seumuran dan bertanya pada saya, “Kakak sudah kuliah?”

Bahkan teman saya Mardiah, di awal perkenalan kami mengira kami hanya terpaut usia 2 tahun saja. Padahal saat itu umurnya barulah 21 tahun. Dan dengan isengnya ia main tebak-tebakan dengan beberapa blogger muda lainnya ketika kami sedang menikmati makan malam after event. “Coba tebak, berapa umurnya Mbak Eva?” Katanya. Dari 5 orang yang menjawab, semuanya salah. Angka tertinggi yang disebutkan adalah usia 24. Well, apakah saya terlihat se-muda itu, kawan?

Memasuki usia kepala 3 memang para wanita seolah sibuk mencari skin care yang tepat bagi kulitnya termasuk serum anti penuaan. Demi terlihat lebih muda serta mengurangi resiko kerutan pada wajah pada saat memasuki usia 40 kelak. Saya sendiri akan memasuki usia ini dalam 6 tahun mendatang. Sebelumnya memang agak kurang tertarik sih coba-coba skin care gitu apalagi serum-serum apa lah, karena merasa enggak ada masalah sama kulit wajah. Mau diapain lagi, sih? Pada bilang ‘masih muda’, kok. Tapiiii makin kesini saya makin senang kalau dibilang awet muda dan takut kalau-kalau enggak kelihatan se-muda ini lagi. Alias takut kelihatan tua, hahaha!

Jadi bagi saya dan banyak perempuan lain yang mengalami hal serupa, marilah kita anggap ini sebagai anugerah dari Yang Maha Kuasa. Dan yang namanya pemberian itu harus disyukuri banget, makanya kulit wajah harus dirawat untuk mempertahankannya tetap sehat dan awet muda.

Mengapa Seseorang Terlihat Lebih Muda dari Usia yang Sebenarnya?

Salah satu faktor penyebab seseorang terlihat lebih muda dari usianya adalah dengan melakukan perawatan wajah. Misalnya menggunakan serum anti penuaan yang jika digunakan secara teratur dapat menyamarkan tanda-tanda penuaan kulit seperti wajah kusam atau terdapat kerutan. Tapi selain itu ada juga faktor lainnya yang berhubungan dengan kondisi psikologis.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Canadian Medical Association Journal, mereka yang lebih menikmati hidup dan merasa bahagia memiliki kekuatan fisik lebih baik pada usia lanjut. Studi ini dilakukan di Inggris dengan jumlah 3.000 orang partisipan usia 60 tahun ke atas. Di mana 80% partisipan mengalami penurunan fungsi fisik dibandingkan dengan orang yang hidupnya lebih bahagia.

Hidup yang bagaimana sih yang bisa dibilang bahagia? Apakah yang banyak uang, sering jalan-jalan, makan enak terus, belanja barang-barang branded? Iya, bisa jadi. Saya juga bahagia banget kali deeeh kalau bisa punya semua itu. Tapi seperti yang mereka bilang, “bahagia itu kita yang ciptakan” ya buatlah diri bahagia walau dengan cara yang sederhana.

Maybe I have a very happy life. Lha, mendengar gemericik hujan saja sudah bahagia banget, kok. Lihat pohon yang daunnya berguguran saja girangnya enggak selesai-selesai. Apalagi kalau dikasih pemandangan matahari terbit dan terbenam, bisa-bisa pipi saya kaku karena tersenyum terus. Yang kayak gitu-gitu lah, enggak mesti bahagia yang sulit diraih. Hasek! Kalau sudah bahagia terus jadi awet muda, kalau awet muda nanti jadi makin bahagia. Begitu saja terus sampai umur 60 tahun, Insya Allah kalau dikasih panjang umur, yes.

serum anti penuaan
Coba tebak ya, dari dua wanita bahagia ini siapa yang lahir 7 tahun lebih awal? :P

Faktor yang lain lagi adalah tentu saja dengan menjalani gaya hidup sehat dan berolahraga. Hindari deh makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi yang ternyata dapat berdampak kurang baik bagi kulit. Contohnya minuman bersoda yang enak nyegerin itu. FYI saya sudah berhenti minum soda sejak belasan tahun silam, jangan-jangan gara-gara itu ya orang suka salah menilai saya soal umur. Ge-er!!

Luangkan Waktu untuk Merawat Wajah

Dalam merawat wajah yang paling berasa itu selain uang juga waktu. Skin care bisa dibeli tapi kalau enggak meluangkan waktu untuk perawatan wajah ya percuma, dong. Nanti bukan mukanya yang awet muda, tapi produk skin care-nya yang awet di botol. LOL.

Oh ya, perawatan wajah untuk saya so far enggak ada yang special apalagi harus pergi ke klinik kecantikan. To be honest, cuma cuci muka saja pakai facial foam lalu kalau mau pergi pakai BB Cream dulu sebelum bedakan demi menyamarkan noda-noda hitam bekas jerawat. Sudah, itu saja. Akhir-akhir ini juga kadang pakai toner setelah cuci muka, tapi ini jaraang banget. Soalnya suka lupa, hiks.

Dan berhubung dalam 6 lagi tahun saya akan memasuki usia 40 tahun, ya enggak ada salahnya mulai perawatan wajah yang lebih ke arah anti aging dari sekarang. 6 tahun lagi kan anak saya kira-kira kelas 4 SD, nanti biar kalau antar jemput sekolah dibilang ‘kakaknya’. *Eeehh.

Perawatannya simple saja, kok. Pertama, bersihkan wajah. Cuci muka dengan facial foam dari Wardah. Sebelum ini saya pakai Foam Cleanser dari Pureheal’s, produk skin care dari Korea yang mengandung Propolis dan benar-benar enak banget di kulit muka. Tapi karena habis dan harganya lumayan sekitar 400k jadi saya kembali ke Wardah.

Kedua, pakai toner. Tonernya juga yang Propolis dari Pureheal’s, wajah jadi segar gimanaaa gitu setelah pakai ini. Sayangnya saya sering lupa pakai, biasa lah kalau sudah ngantuk zzzz langsung mau bobo saja.

Ketiga, pakai serum anti penuaan. Hiyaaa, akhirnya saya punya dong serum anti aging dari Erha. Namanya Erha21 Age Corrector Serum yang berfungsi untuk mencerahkan kulit serta menyamarkan garis-garis kerutan di wajah. Gara-gara produk Erha ini saya jadi sering ingat untuk pakai toner, karena pemakaiannya memang disarankan setelah membersihkan wajah dan memakai toner.

Keempat, day cream atau pakai pelembab wajah di siang hari dan face mask di malam hari. Day cream saya pakai produk dari Zoya, sedangkan face mask masih dari Pureheal’s karena sebenarnya ini adalah sepaket goodiebag.

skin care pureheals
Skin care herbal dari Pureheal’s

Serum Anti Penuaan Dini dari Erha

Kalau dengar kata Erha pasti langsung teringat pada Erha Clinic. Iya enggak, sih? Jadi buibu yang punya masalah dengan kulit mesti ke dokter kecantikan di Erha Clinic kemudian akan diresepkan krim wajah sesuai dengan problemnya masing-masing. As I mentioned saya belum pernah ke klinik kecantikan, akhirnya bisa juga nih pakai produk Erha tanpa harus konsultasi ke dokter.

serum anti penuaan
Erha21 Age Corrector Serum

Karena saat ini Erha sudah mengeluarkan produk yang dijual over the counter, dengan formula yang disesuaikan dengan kulit orang Indonesia pada umumnya. Produknya banyak banget, gengs. Tinggal pilih saja sesuai dengan kebutuhan kulit, bisa cek terlebih dahulu jenis produk dan deskripsinya di Erhastore. Semua produk Erha21 dapat digunakan bersamaan dengan produk merek lainnya, seperti yang saya sebutkan pakai Erha21 untuk serum tapi untuk facial foam, toner dan day cream pakai merek lain. Apalagi kalau mau pakai serangkaian produk Erha21 semua, mungkin akan lebih maksimal, ya.

Skin care yang saya pakai Erha21 Age Corrector Serum adalah serum anti penuaan yang cocok digunakan pada kulit normal dan kering, seperti kulit saya. Terbukti secara klinis dapat membantu menyamarkan kerutan pada wajah dan juga menjaga elastisitas kulit. Jadi kulit yang elastis atau bahasa emak-emaknya sih kenyel-kenyel, ini sangat perlu untuk terlihat lebih muda. Karena wajah akan nampak lebih segar berseri.

Anti-Aging System yang terdapat dalam Erha21 akan melembabkan kulit serta menyamarkan tanda-tanda penuaan pada kulit seperti kerutan. Nah kerutan ini suka muncul pada garis senyum, sudut mata dan dahi. Jadi ya, ternyata bahagia yang bikin senyum terus itu lama-lama bisa jadi kerutan juga, haha. Kok serba salah, ya? Makanya dibantu dengan serum anti aging biar mau senyum terus juga enggak masalah, asalkan senyumnya memang beralasan.

Kemasan Erha21 Age Corrector Serum berupa botol berwarna gelap berukuran 20ml. Aplikatornya berupa pompa yang sekali tekan bisa mengeluarkan serum untuk sekali pakai. Warna krimnya sendiri berwarna putih agak pekat dan kental yang enggak mengandung wewangian apapun. Teksturnya ringan dan cepat meresap di kulit, jadi enggak perlu waktu lama untuk kemudian memakai pelembab.

Karena dilengkapi pula dengan Whitening Agent dan Carnosine yang berfungsi sebagai antioksidan, bikin wajah jadi lebih cerah dan sehat. Saat ini saya sudah memakai Erha21 Age Corrector Serum selama seminggu dan belum terlalu kelihatan perubahan pada kulit saya. Harapannya sih wajah memang kelihatan lebih cerah gitu setelah sebulan pemakaian. Tapi kalau urusan elastisitas kulit memang berasa kok ada perbedaan dari sebelum pakai. Mungkin karena Carnosine-nya cepat bekerja dan merangsang regenerasi kulit, jadi sekarang sudah enggak terlalu kering lagi deh kulit saya. Ah, senangnya.

Erha21 Age Corrector Serum bisa dibeli secara online melalui Erha Official E-Commerce Store yang banyak banget exclusive online deals-nya. Selain aman, harganya juga resmi dan cukup ramah di kantong yaitu Rp. 163.000. Atau kalau mau ambil yang sepaket dengan moisturizer harganya Rp. 349.000 saja. Oh ya, kalau kamu belanja dengan menggunakan kode voucher ERHASTOREXYOUNG bisa mendapatkan diskon sebesar Rp. 30.000 dengan minimum transaksi Rp. 200.000. Khusus banget nih, untuk 30 orang pertama saja.

serum anti penuaan
Produk Erha aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui, bisa dibeli di Erhastore

Okay then, itu dia beberapa tips dari saya untuk tampak lebih muda. Jangan lupa beli serum anti agingnya di Erhastore, ya.

Author

Enterprenuer and Crafter Mommy || I have one little kid, I love writing, sewing and photography || dzul.rahmat@gmail.com

Comments

Turis Cantik
January 29, 2019 at 4:23 pm

Setelah usia diatas 30 memang paling cocok pakai krim kyk gini deh. Lumayan buat menangkal tanda2 penuaan.



January 30, 2019 at 12:01 pm

Biasanya kalau ada potongan harga pada semangat nih merawat wajah hehe..saya juga pakai Erha Age Corrector Serum mba



Hastira
February 4, 2019 at 3:54 am

makasih tipsnya



February 4, 2019 at 4:35 am

Makasih mbk sdh share tahapan merawat wajah plus sudah nge-review in Erha21 . Soalnya aku jg lagi nyari2 referensi soal merawat wajah untuk usia 30 thn ke atas



February 7, 2019 at 3:15 pm

Kalau usia masih 25an udah boleh kah mba pakai perawatan anti aging? atau sebaiknya mulai digunakan di usia berapa?



    Dzulkhulaifah
    February 7, 2019 at 10:52 pm

    Biasanya anti aging digunakan menjelang usia 30 tahun. Umur 25 pakai skin care yang selain anti aging dulu aja. Nanti kalau sudah 28 atau 29 baru deh :)



February 20, 2019 at 3:04 pm

Sepertinya saya membutuhkannya, makasi yaaa infonya Ev.



February 20, 2019 at 7:16 pm

Tadinya aku termasuk yang cuek untuk merawat wajah, merasa kulit wajahnya nggak terlalu bermasalah. Tapi karna sudah masuk usia 30 tahunan, mau nggak mau harus ada serangkaian perawatan wajah dech! Ehh iyaa, Aku kalau dengar Erha, pasti ingetnya juga klinik Erha Mba, niwey kita masuh seumuran khan Mba Eva #26tahun

😍😍😍



nitnot
February 21, 2019 at 7:24 pm

Mungkin angkatan kita bgtu ya boo
gw pun masih sering dibilang 5thn lebih muda wkwkwk… alhamdulilah rejeki istri soleha



Bondan Okta
February 26, 2019 at 9:49 am

Kulit memang wajib dirawat agar tetap terlihat awet muda. Tapi, produk apa yang tepat untuk nutrisi kulit kita juga wajib diteliti dulu. Terima kasih review menariknya mbak Eva, jadi tau sekarang serum anti penuaan dan tips awet mudamu…



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *