Film

Ruang Pengadilan dalam Drama Korea

ruang pengadilan dalam drama korea

Annyeong haseyo. Hihi, akhirnya blog ini punya postingan yang kalimat pertamanya bahasa Korea. Pasti kalian bertanya-tanya, “Lho, Mbak Eva nonton drakor juga???” Iya, nonton kalau lagi selow atau kalau lagi lembur sama setrikaan. Drakor yang saya suka itu apa? Pokoknya yang ada Lee Min Ho-nya gitu deh. LOL. Selain itu saya juga suka drama Korea dengan tema justice yang biasanya melibatkan karakter polisi, detektif, pengacara, hakim dan jaksa. Biar nontonnya sambil mikir dikit, soalnya boring kalau cuma soal cinta-cintaan nggak ada kasusnya. Hahaha.

Nah di Iflix lagi ada drama baru judulnya Diary of A Prosecutor, yang mungkin di VIU atau aplikasi lain sudah keluar dari lama, ya, soalnya ini drama tahun 2019. Enaknya kalau drama yang episodenya belum selesai itu nontonnya jadi per episode, nggak diterusin sampai ngabisin banyak waktu. Untuk drama ini tayangnya tiap hari Jumat dan Sabtu, bercerita tentang kehidupan dan profesi Jaksa.

Berikut ini adalah drakor tentang law and justice yang cukup menarik dari segi cerita dan pesan moral, saya urutkan dari drama yang saya suka sampai yang suka banget. Bukan serial terbaru, soalnya saya nggak terlalu mengikuti judul-judul baru. Malah kalau ada drama yang saya suka bisa ditonton lebih dari sekali. Huahaha. Kalau para pemainnya sih ya udah lah pasti bagus-bagus meski saya nggak hapal nama-nama mereka kecuali Ji Chang Wook.

Miss Hammurabi (2018)

Miss Hammurabi ini dibintangi oleh Go Ara (Park Cha Oh Reum), Kim Myung Soo (Im Ba Reun) dan Sung Dong Il (Han Se Sang). Ketiganya adalah Hakim yang bertugas memberi putusan atas tuntutan Jaksa terhadap terdakwa. Yang unik dari serial ini adalah perbedaan karakter dari ketiga Hakim. Kepala Hakimnya tempramen banget. Hakim sebelah kanan ambisius, sementara hakim sebelah kiri melankolis. Kadang di balik ruang sidang mereka berdebat habis-habisan sebelum memberi putusan.

Oh Reum diberi julukan Hammurabi karena sifatnya yang sangat berani menegakkan hukum meski tindakannya agak sedikit ‘gila’, padahal dirinya merupakan hakim muda yang baru saja bergabung bersama kedua rekannya. Kadang Oh Reum juga melibatkan hati nuraninya dalam memberi putusan yang mana hal ini bertentangan dengan Im Ba Reun dan Han Se Sang.

Hakimnya keceh betttt.

Setting drama Miss Hammurabi sering kali berada di ruang pengadilan dan di kantornya para hakim. Setiap kasus yang ditangani memiliki pesan tersendiri bagi penontonnya. Sayangnya drama ini banyak adegan terdiam lama gitu, ibarat lagu sih temponya lambat. Backsound-nya juga mendukung banget untuk bermelow-melow.

Witch at A Court (2017)

Ma Yi Deum (diperankan oleh Jung Ryeo Won) adalah seorang jaksa cerdas yang memulai karirnya karena ingin menemukan ibunya yang hilang saat ia remaja. Selama pencariannya tentu saja drama ini menceritakan banyak kasus lain yang kebanyakan merupakan kasus pelecehan seksual dan kekerasan pada anak. Bahkan Ma Yi Deum juga sempat menjadi salah satu korbannya.

Kemudian Ma Yi Deum dibantu oleh rekannya, seorang jaksa baru bernama Yeo Jin Wook (diperankan oleh Yoon Hyun Min) yang ternyata tinggal persis di sebelah apartemennya. Meskipun keduanya saling membenci dan pada akhirnya saling naksir, drama Korea yang satu ini nggak banyak menampilkan sisi percintaan. Lebih fokusnya pada kasus demi kasus yang muncul di setiap episode hingga akhirnya Ma Yi Deum membongkar kasus yang menimpa ibunya sendiri.

Jung Ryeo Won di drakor Witch at A Court atau yang juga dikenal Witch’s Court ini aktingnya oke banget sebagai jaksa yang tegas dan banyak akal dalam menyelidiki sebuah kasus. Pelaku kejahatan pasti merasa tersudutkan jika kasusnya ditangani oleh Ma Yi Deum. Sementara itu Yoon Hyun Min menjadi jaksa baru yang cool, kontras banget ketika harus bekerja sama dengan Ma Yi Deum. Backsound di drakor ini agak up beat jadi nontonnya berasa semangat tapi gemas-gemas gimanaaa gitu melihat kelakuan dan perseteruan mereka berdua.

Diary of A Prosecutor (2019)

Drama seri Korea yang satu ini adalah tentang sisi lain kehidupan para jaksa. Yang biasanya kita lihat para penegak hukum ini bersikap tegas dan disegani semua orang, nggak begitu di drakor Diary of A Prosecutor. Ini lebih menunjukkan kehidupan pribadi para jaksa yang juga manusia biasa. Bertugas di Laut Selatan Korea, kasus-kasus yang mereka hadapi tampaknya nggak sepenting kalau kita nonton drakor yang setting-nya di Seoul.

Daya tarik dari Diary of A Prosecutor adalah para jaksa yang menampakkan karakter aslinya. Sekelompok jaksa yang bersahabat, sering menghabiskan waktu bersama di sebuah rumah dinas, meeting kurang penting dan berkumpul sambil makan malam di sebuah restoran yang letaknya seperti sebuah misteri. Terdiri dari 1 orang kelapa unit, 3 orang jaksa senior dan 1 orang jaksa baru. Ketua gengnya adalah Lee Sun Kyun sebagai Lee Sun Woong. Kemudian ada jaksa yang dimutasi dari Seoul, yaitu Jung Ryeo Won sebagai Cha Myung Joo. Sun Woong dan Cha Myung Joo rupanya merupakan teman lama, mereka kuliah di universitas yang sama.

Drama Korea yang satu ini lebih banyak komedinya dibanding serius, meski kasus-kasusnya ditangani dengan cukup menarik dan tokoh-tokohnya pun sudah dewasa. Karena mengambil sisi yang lebih personal, di sini digambarkan bagaimana jaksa yang seorang ayah harus menghadapi putranya yang terlibat masalah bullying, seorang ibu yang harus bekerja sambil mengasuh bayi kembar sementara ada jaksa lain yang merindukan kehadiran buah hati. Ada juga seorang pemuda yang selalu gagal dalam percintaan dan kepala cabang yang berharap dipromosikan namun jalannya tak pernah semulus harapannya.

Pesan demi pesan disampaikan dengan baik di drakor ini. Yang paling kental itu soal keseruan persahabatan mereka. Kemudian tentang pergolakan batin seorang penegak keadilan yang ingin memiliki previlage agar hidupnya lebih damai sentosa. Dan karena jaksa juga manusia, ada sifat kekanakan dalam diri mereka yang menggemaskan dan menghibur banget. Kereeeen, lah!

Love in Trouble (2017)

Next, drakor yang saya suka berjudul Love in Trouble yang pertama kali ditayangkan pada tahun 2017. Gara-gara drakor ini saya jadi kenalan sama Ji Chang Wook hingga berlanjut pada drama-drama lainnya. Weeew! Berperan sebagai Noh Ji Wook, seorang jaksa yang terkenal kejam dan tak kenal ampun dalam memberikan tuntutan. Kasus paling complicated yang ditanganinya adalah pembunuhan di sebuah apartemen. Tersangkanya adalah Eun Bong Hee (diperankan oleh Nam Ji Hyun). Karena korbannya merupakan putra dari kepala jaksa, apapun yang terjadi Noh Ji Wook harus mendakwa Eun Bong Hee dan menjatuhkan hukuman seberat-beratnya. Selain demi keadilan, juga demi karirnya di masa depan.

love in trouble
Adeeeuh, Pak Jaksa nggak usah diganteng-gantengin gitu, lah!

Tetapi karena kekurangan bukti Noh Ji Wook membebaskan Eun Bong Hee dari tuntutan yang mana membuat kepala jaksa menjadi marah dan memecatnya. Ji Wook akhirnya bekerja sebagai pengacara di sebuah firma hukum bersama sahabatnya Ji Eun Hyuk (diperankan oleh Choi Tae Joon). Padahal Ji Wook sangat membenci pengacara yang selama ini menjadi rivalnya di dalam ruang sidang. Love in Trouble atau yang juga dikenal dengan judul Suspicious Partner ini seperti mengajak penonton untuk ikut serta dalam menganalisa sebuah kasus.

Kasus Eun Bong Hee menjadi trigger dalam drakor ini yang terus diselidiki hingga menjelang episode terakhir. Sambil berjalan banyak bermunculan kasus lain yang merupakan kasus-kasus pembunuhan, beberapa diantaranya mengantarkan mereka pada pembunuh yang sebenarnya. Selain itu ada kisah asmara antara Noh Ji Wook dan Eun Bong Hee, yang bermula dari cinta bertepuk sebelah tangan. Teman-teman yang bergabung di firma hukum milik Ji Wook memberikan warna komedi tersendiri dalam drama Korea yang satu ini. Ada satu peran bernama Pak Byun yang ngeselin tapi selalu menggelitik.

While You were Sleeping (2017)

Nah, this is my favorite one. Drama Korea tentang seorang jaksa baru yang memiliki kemampuan melihat masa depan melalui mimpi. Lee Jong Suk (sebagai Jung Jae Chan) mulai mendapatkan mimpi yang menjadi kenyataan sejak bertemu dengan Bae Suzy (sebagai Nam Hong Joo) yang ternyata sudah lebih dulu memiliki kemampuan spesial tersebut. Selain itu ada Han Woo Tak yang juga memiliki kemampuan sama setelah ditolong oleh Jung Jae Chan dalam sebuah kecelakaan di jalan raya. Jae Chan adalah seorang jaksa yang semula tak dianggap, Hong Joo seorang reporter cerdas yang sifatnya sungguh cuek dan Woo Tak seorang polisi pemberani tapi misterius. Mereka bertiga dapat memecahkan kasus demi kasus melalui bantuan mimpi-mimpi tersebut.

Uniknya mimpi yang mereka alami meski berada pada kejadian yang sama tetapi memiliki situasi berbeda, sehingga dibutuhkan analisa lebih dalam dan keputusan yang paling tepat. Setiap episode muncul satu kasus baru yang akan selesai maksimal pada episode berikutnya. Selain itu ada adegan-adegan ringan yang ternyata merupakan pembuka dari kasus selanjutnya.

Saking sukanya sama drama While You were Sleeping rasanya sampai ingin bikin reviewnya tersendiri. Haha. Menurut kalian gimana???

That’s my top 5 favorite Korean Drama dengan latar belakang hukum. Meski semua hanya sebuah cerita tapi karena garapan dari sutradara dan crew yang keren banget jadi berasa real aja gitu loh. Dari 5 drama tadi, mana yang paling kalian suka? Atau punya drama favoritnya sendiri, nih?

2 Comments

  1. Aku nonton 2 terakhir. Nyasar karena ngefans sama Ji Chang Wook dan Lee Jong Suk. :)))
    Dan sesuai ekspektasi, 22nya bagus. Muehehe.:)
    Jadi penasaran yang Diary of Prosecutor. Ihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *