fbpx
pekerjaan impian
Techno

Laptop dan PC Workstation untuk Pekerjaan Impian

Pertama kali punya laptop pada tahun 2008, Ibu dan Kakak-kakak saya menyambutnya gembira seperti kedatangan anggota keluarga baru. Laptop adalah perangkat yang sangat mewah di rumah kami sejak dulu sampai sekarang karena bisa mendukung pekerjaan impian saya..

Kehadiran laptop sungguh memudahkan banyak hal dan membuat saya semangat untuk melakukuan sesuatu yang baru. Saya mulai menulis blog, belajar menulis cerpen dan coba-coba edit foto di Photoshop. Beberapa project desain untuk restoran tempat saya bekerja akhirnya bisa saya kerjakan dengan laptop baru ini, sebagai inisiatif karena freelance designer kami sedang banyak project lain.

Senangnya bukan main begitu melihat hasil desain saya masuk ke percetakan dan pada akhirnya menjadi media promosi di seluruh cabang restoran dan mobil operasional. Merasa terharu. Dan itulah awal mula saya menyukai desain grafis.

Peluang Kerja Multimedia

Sebenarnya saya pernah setengah hati masuk Fakultas Teknologi Informasi, nggak yakin sama apa yang saya pilih. Ceritanya plin plan karena pada zaman itu Fakultas Ekonomi masih jadi primadona.

Seandainya dulu saya tetap ragu dan nggak berani menempuh jalan tersebut, mungkin sekarang hanya bisa melongo melihat betapa kreatifnya anak muda gerenasi Z berkat dukungan teknologi. Apalagi sekolah-sekolah kejuruan mulai membuka jurusan multimedia. 

Peluang kerja di industri kreatif bagi lulusan sekolah multimedia bukan sekadar promosi yang digaungkan lembaga pendidikan. Tetapi lihatlah sendiri dunia digital saat ini didominasi anak-anak muda. Menariknya, insan kreatif di industri ini bukan hanya lulusan sekolah Multimedia atau jurusan Teknologi Informasi saja. Banyak para kreatif dari luar bidang tersebut turut mengambil bagian.

pekerjaan impian

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia pun nggak menyurutkan pertumbuhan para content creator. Justru makin tumbuh subur, karena pada zaman ini banyak sekali perubahan sistem dari manual ke digital. Juga hampir seluruh kegiatan bisnis dan karir bisa dilakukan secara online

Kalau kamu memiliki kemampuan, pengalaman atau minat terhadap teknologi, beberapa bidang pekerjaan berikut ini mungkin bisa menjadi pekerjaan impianmu. Pekerjaan yang bisa dilakukan remote dan mobile, asal ada perangkat pendukung yang andal seperti Laptop atau PC Workstation.

Bahkan bisa bekerja dari tepi pantai kayak gini :)

Desainer Website

Salah satu perubahan perilaku masyarakat dalam mencari informasi adalah menggunakan koneksi internet untuk menemukan segalanya. Google, sebagai mesin pencari nomor satu dunia dapat menayangkan jutaan link sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Para pencari informasi tentu berharap akan terhubung dengan link yang sesuai dengan kebutuhan. Sementara itu para pelaku bisnis pun berlomba-lomba membuat website yang menarik baik secara konten maupun visual, demi memenuhi kebutuhan para pengguna internet.

Web Designer berperan penting dalam sajian informasi digital saat ini. Bukan hanya merancang tampilan yang menarik, tetapi juga memikirkan berbagai elemen yang dapat menjadikan website mudah digunakan karena memiliki navigasi yang jelas.

Desainer Grafis

Selain barisan kalimat dalam sebuah informasi, juga dibutuhkan gambar pendukung agar pesan yang ingin disampaikan kepada orang lain dapat diterima dengan lebih baik. Di sinilah seorang Graphic Designer bisa mengerahkan kemampuannya, mengolah sebuah informasi dan menuangkannya dalam sebuah gambar.

Kalau kamu sering melihat iklan-iklan yang lewat di Instagram dengan tampilan sangat menarik, itulah karya dari Graphic Designer. Kelihatannya mudah membuat desain seperti itu, ya. Tapi pekerjaan yang satu ini membutuhkan kemampuan desain setidaknya akrab dengan software Photoshop.

Desainer Grafis biasanya bekerja untuk membuat media promosi perusahaan, instansi atau produk, dengan menggabungkan berbagai elemen yang diperlukan sehingga tercipta desain yang menarik.

Ilustrator

Duh, saya iri banget sama kalian yang bisa menggambar. Coba deh bikin ilustrasi dari sebuah cerita atau situasi, lalu upload hasilnya di media sosial. Orang-orang seperti saya pasti akan terpana dan wow, media digital sangat butuh orang-orang seperti kamu!

Karir Ilustrator nggak hanya di media digital saja, lho. Bisa-bisa kamu ditawarkan untuk bikin buku seperti Iwan Nugraha, Si Jago gambar yang bukunya pernah saya review dalam tulisan yang berjudul Doodle untuk Pemula.

Ilustrasi yang keren bukan hanya diminati di media sosial, tetapi juga pemilik website sehingga kamu bisa bekerja sama dengan Web Designer.

Fotografer

Ini adalah profesi yang sudah lama ada tapi nggak pernah terlupakan. Sampai sekarang semua bisnis memerlukan jasa fotografi. Mulai dari usaha makanan, fashion, properti sampai wisata, semua butuh mempublikasikan produk atau layanannya kepada khalayak ramai. Bahkan orang liburan saja sekarang butuh jasa dokumentasi.

Kamu hobi fotografi? Ini kesempatan yang bagus untuk menangkap peluang itu.

Video Editor

Satu lagi profesi yang paling dicari abad ini, Video Editor. Banyak orang senang tampil dan bisa merekam video mereka sendiri. Tapi nggak semua orang bisa meng-edit video hingga bisa dinilai layak tayang.

Klien bisa mengirimkan video secara online dan menjelaskan kebutuhannya, kemudian editor mengolahnya, edit ini itu hingga sesuai dengan keinginan klien.

Semua profesi yang saya sebutkan di atas membutuhkan persenjataan dan amunisi lengkap. Yaitu hardware yang andal dan software yang sesuai pekerjaan.

Mau rekomendasi PC Workstation atau Laptop Mobile Workstation untuk mendukung pekerjaan impian multimedia?

HP PC Workstation

Pekerjaan multimedia membutuhkan perangkat komputer khusus karena harus bekerja keras mengakses berbagai grafis. PC Workstation HP cocok digunakan untuk pekerjaan yang lancar bebas hambatan.

Salah satunya adalah HP Z1 G8 TOWER PC Desktop dengan performa kelas profesional. Dibuat untuk mendesain dan editing dalam kecepatan akses yang nggak pernah terbayangkan. Whaaa, ada yang mau desktop ini?

pekerjaan impian

Recommended untuk desain grafis dua atau tiga dimensi, karena telah disertifikasi untuk menggunakan aplikasi profesional tertentu seperti software desai AutoCAD, SOLIDWORKS dan Autodesk Revit. Bahkan desktop ini bisa digunakan untuk mendesain VR (virtual reality).

Dilengkapi dengan banyak port untuk produktivitas maksimum, saya tercengang melihat HP Z1 G8 TOWER PC Desktop menyediakan banyak port USB Type-A dengan kecepatan transfer data 5-10 Gbps. Whaaaw!! Selain itu bandwith storage-nya juga tinggi, jadi urusan akses upload download lancar jaya.

HP ZBOOK Create G7 Notebook PC untuk Pekerjaan Impian

Untuk yang lebih suka bekerja secara mobile, tentunya butuh laptop yang mirip kemampuannya dengan PC Workstation. Kecil dan ringkas untuk dibawa ke mana pun, tapi kemampuannya boleh diadu dan menjadi standar baru untuk kreator sejati.

Laptop desain terbaik HP ZBOOK Create G7 Notebook PC dengan performa mantap karena dibekali dengan baterai yang awet, RAM hingga 32 GB dan penyimpanan hingga 2 TB. Layar berkapasitas HDR dilengkapi dengan teknologi DreamColor semilyar warna.

pekerjaan impian

Baik PC maupun laptopnya HP tertanam graphic card NVIDIA yang sudah dikenal dunia sebagai kartu grafis untuk mendukung pekerjaan multimedia.

Sebuah survey yang dirilis awal tahun 2021 ini menyatakan bahwa jumlah smartphone di seluruh Indonesia lebih tinggi daripada angka populasi masyarakat. Yang artinya satu orang bisa memiliki lebih dari satu smartphone. Sebanyak 73.7% dari populasi adalah pengguna internet dan 61,8% aktif menggunakan media sosial.

Dengan data ini bisa dipastikan karir multimedia masih panjang umurnya. So, kamu sudah punya pekerjaan impian atau baru akan meraihnya? Semangat selalu dan berkembanglah bersama HP PC dan Laptop Mobil Workstation :)

Author

Enterprenuer and Crafter Mommy || I have one little kid, I love writing, sewing and photography || dzul.rahmat@gmail.com

Comments

September 19, 2021 at 2:44 pm

duluu nggak terpikir kalau desainer grafis sekarang ini banyak dibutuhkan.
dulu pegang komputer dari SD udah sebatas main game dan ngerjain tugas sekolah
sekarang kerjaan dibidang kreatif banyak juga yang nyari ya
dan emang laptop yang mumpuni pasti dicari banyak orang terutama bagi mereka yang bekerja di bidang kreatif



September 20, 2021 at 12:31 pm

Jadi videografer jaman now itu banyak diminati generasi milenial ya? Jadi youtuber, selebgram, dan designer memang memerlukan laptop yang workstation biar pekerjaan beres tanpa kendala.

Ada harga ada rupa. Kalau workstation ini harganya bikin saya mundur teratur. Hehehe …



September 20, 2021 at 6:53 pm

Nah ini..deretan pekerjaan bidang multimedia yang bisa dilakukan secara remote , dari mana saja bisa asal perangkatnya mendukung.Ada PC atau laptop workstation yang punya performa lengkap yang mendukung buat pekerja multimedia makin lancar kerjanya



September 21, 2021 at 10:30 am

good to know you have the dream job. Untuk menunjang performance di pekerjaan impian ini, kita memang perlu gawai yang paling mumpuni ya



September 21, 2021 at 11:35 am

sesuai tantangan jaman, jenis pekerjaan yang diminati pun berubah. harus ada perangkat canggih yang mendukung dong… untungnya ada desktop dan notebook keren dari HP. kualitas merk HP tidak diragukan lagi :)



September 21, 2021 at 12:42 pm

Saya termasuk orang yang hanya menggunakan secuil dari sekian banyak kemampuan teknologi informasi. Iya lohhh, terasa bener kalau hanya sedikit program yang isa saya operasikan :D
Jadi teringat candaan, gawainya doang yang smart :D

Etapi ngomongin laptop dan komputer, meski hanya untuk kebutuhan harian seperti menulis dan anak-anak belajar, rasanya tetep butuh laptop yang mendukung yaaa…



September 21, 2021 at 3:40 pm

Kalau sering berhubungan dengan design, video dan editing emang disarankan pakai PC sih. Kemarin aku juga lagi lihat-lihat PC gini karena lagi load banget editing foto dan design. Tapi masih galau mau beli.



September 21, 2021 at 5:29 pm

Kayaknya sekarang hampir semua pekerjaan membutuhkan laptop yang bagus, ya. Apalagi buat yang menggeluti dunia digital. Bisa membantu mood juga kalau didukung dengan perangkat yang bagus



September 21, 2021 at 8:01 pm

Sekarang jenis pekerjaan makin beragam ya mbak dan asyiknya ga harus dikerjakan dgn duduk di kantor. Selama punya laptop dan PC kece gini aman dunia persilatan



September 21, 2021 at 10:12 pm

Seneng bnget kalo punya temen kerja Dan temen belajar anak2 yang speknya keren kayak gini…

Jadi kepingin punya Laptop / PC Workstation biar lbih nyaman nih WFH



September 22, 2021 at 9:23 am

Mantep banget ni laptop mobile workstation. Pengen sih konsen di konten kreator, tapi edit yucup masih di hape dan asal jadi haa.



September 22, 2021 at 12:28 pm

Kalau pakai laptop HP ZBOOK Create G7 Notebook PC ini, saya tidak akan ngeluh laptopnya sering ngehang nih. Super banger sih speknya. Jadi pengen beli.

RAMnya mantap 32 GB. Memory penyimpanannya juga gile 2TB.



Diah Agustina
September 22, 2021 at 5:27 pm

Dududu aku jadi pengin upgrade laptop aku ke HP ZBOOK Create G7 lihatnya aja udah resep banget. Tipis dan pastinya enteng jadi mudah dibawa kemana-mana



September 22, 2021 at 6:32 pm

Ini cocok buat kerjaan suami yang sering disuruh desain poster dan lainnya buat postingan sosmed tempat kerjanya, secara laptop yang ada udah perlu diganti. brand HP juga punya produk yang mumpuni gini spesifikasinya



September 22, 2021 at 8:40 pm

Aku tu pengen banget lho beli PC sayang selain uang blm kekumpul ruangan di rumah blm ada hehe
Impian banget punya ruangan kerja dengan layar monitor gede dan PC + minim 2 leptop buat kerja gtu, pasti makin bersemangat kerjanya. Apalagi alau pekerja kreatif butuh banyak penyimpanan gede, jd PC kyknya akan mengakomodasi kebutuhan itu :D



September 22, 2021 at 8:46 pm

Banyak peluang pekerjaan di era digital ini ya. Perlu dukungan yang memadai berupa support system alat yang canggih seperti laptop yang mumpuni ya. Pekerjaan sesulit apapun bisa dikerjakan dengan lancar



September 22, 2021 at 10:07 pm

kok jadi pengen laptopnya ya setelah baca ulasannya, hahaha.gimana nih mak tanggungjawab dong



September 22, 2021 at 10:34 pm

Iya nih..permintaan gadget semakin meningkat sejak masa pandemi, terutama.
Dengan kehadiran inovasi dan kecanggihan PC Workstation, maka pekerjaan yang ada kaitannya dengan komputasi, bisa dilakukan dengan mudah dan lancar jaya tanpa hambatan.



September 22, 2021 at 10:38 pm

Penting ya mbak zaman now punya laptop yang bisa mendukung kerja kita terutama jika berminat menekuni dunia multimedia. HPbook ini bagus ya mbak, tipis juga tampilannya keren



September 22, 2021 at 10:47 pm

Ini saya banget deh Mbak. Video banyak menumpuk tapi tak diedit-edit. Rasanya pengen hire editor sendiri buat menyelesaikan PR video.



September 22, 2021 at 11:03 pm

Banyak sekali pekerjaan di bidang kreatif yang saat ini didominasi oleh anak-anak muda. Dalam menjalankan pekerjaan itu, rata-rata butuh perangkat yang andal seperti pc atau laptop workstation



September 23, 2021 at 4:30 pm

Kalo dah ngobrolin soal grafis emang penting sih punya PC atau laptop yang mumpuni untuk desain ya. Jadi inget impianku dulu juga mau kuliah di multimedia.



September 25, 2021 at 8:28 am

Baca-baca tentang laptop dan PC workstation sungguh bikin mupeng. Speknya dewaaaa. Pantesan aja harganya di atas laptop dan PC biasa. Tapi sayang banget sih kalo cuma dipakai aku. Kudu beneran yang profesional yang pake. Biar manfaatnya bisa maksimal ya.



Helena
September 25, 2021 at 10:47 pm

Lihat HP ZBOOK Create G7 Notebook PC membuatku mbatin, yaiyalah pantesan laptopku udah lemot. Mau ngetik aja kudu nunggu beberapa menit bahkan shut down dengan terpaksa. Eh apa ya istilahnya pokoknya tombol ON dipencet lamaaa sampai laptopnya mati. Huhu … laptop ini menguji kesabaranku.
Kalau mau kerja butuh laptop mumpuni atau sekalian PC Workstation yah.



Helena
September 25, 2021 at 10:59 pm

Desai, foto, video sekarang ukurannya Makin gede-gede. Butuh spec tinggi untuk PC ataupun laptop supaya smooth.

Cakep deh lihat spesifik PC Workstation di atas. Kerja lancar, cepet selesai, enggak perlu lembur. Hehe



September 26, 2021 at 9:24 pm

Selama ini pakai HP alhamdulillah nyaman. Dekstop nya keren juga nih. Selama ini kerjaan di laptop selalu ON baik di rumah maupun ketika keluar rumah. Mudah-mudahan bisa beli tahun depan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *