night photography
Hobby & Interest / Travel & Culinary

Night Photography dan Kegiatan Seru Saat Camping

Night Photography dan Kegiatan Seru Saat Camping. Zaman kuliah dahulu saya cukup aktif mengikuti kegiatan organisasi kampus. Yang paling saya suka adalah acara Malam Keakraban dan Latihan Dasar Kepemimpinan karena acaranya menginap di sebuah tempat, di luar kampus tentunya. Hehe. Tapi sayangnya belum pernah yang tema camping gitu, sih. Biasanya acara diadakan di sebuah villa di puncak, villa milik Universitas. So, sampai saat ini saya belum pernah pergi camping, tapi angan-angan itu masih ada saja sampai sekarang. Mungkin nanti deh kalau anak sudah agak gedean, mau lah mengajak dia camping.

night photography

Camping atau berkemah bersama teman-teman adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang terutama di kala liburan. In my imagination, camping would be one of the most memorable moment. Tempatnya bisa di bukit, gunung, pantai atau di halaman rumah sekalipun. Nah kalau camping di rumah saya sudah sering sih sama si kecil, jadi waktu itu tendanya bikin sendiri pakai kain kanvas dan pipa.

Saat camping yang paling berkesan tentunya di saat malam tiba, dong. Rasanya sayang banget ih, kalau membiarkan malam pergi begitu saja. Banyak hal yang bisa kita lakukan di malam hari saat berkemah untuk mengisi waktu supaya enggak boring.

Api unggun sebagai penghangat malam hari

night photography

Yaudaaah api unggun mah enggak bisa dipisahkan lagi deh dari acara berkemah. Bahkan acara saya Malam Keakraban di villa itu pun selalu ada tradisi api unggun dari tahun ke tahun. Karena api unggun selalu dapat menimbulkan rasa kebersamaan dan kehangatan. Selain itu api unggun juga berfungsi untuk mengusir binatang buas yang bisa saja ada di sekitar lokasi camping. Whaa jadi kebayang nih camping-nya di hutan.

Bermain games

night photography

Berikutnya saat camping kita bisa juga main games untuk menambah semarak suasana dan rasa akrab. Misalnya games tebak kata, sambung kata, atau mungkin step dance. Dengan adanya games acara camping kita bisa jadi lebih seru dan menarik. Bahkan games juga bisa dilakukan bersama anak-anak.

Makan malam sambil diiringi suara malam

night photography

Pernah enggak, sih, nonton film Perahu Kertas adegan Keenan mengajak Kugy camping di pinggir pantai? Ini scene-nya saya suka banget soalnya mereka berdua kok pada cute banget gitu sih main masak-masakan. Ya padahal cuma masak mi instan saja, tapi rasanya pasti beda lah masak di rumah dengan di alam terbuka. Apalagi diiringi suara debur ombak dan dipayungi langit berjuta bintang. Ah, sedaaaap.

Abadikan momen kebersamaan di malam hari

night photography

Dan mumpung lagi camping pastinya jangan sampai ada momen-momen yang terlewat dong dari lensa kamera. Apalagi kalau langitnya lagi bagus, fotonya pasti jadi keren. Saya juga belum kesampaian nih mau motret langit berbintang. Soalnya kalau di Tangerang ya langitnya biasa banget, lebih sering enggak kelihatan bintangnya. Tapi kalau pas lagi di alam bebas kayaknya langit malam menjadi salah satu objek foto terwajib, ya.

Oh ya kadang kita sudah hopeless duluan ya kalau mau motret di malam hari. Lebih enak pakai kamera DSLR, sih. Tapi sekarang ada kok smartphone yang canggih dan dilengkapi dengan fitur Night Photography, jadi bisa bebas mau memotret keindahan alam. Apalagi kalau smartphonenya sekelas OPPO R17 Pro. Yang fitur ultra night modenya sudah sangat canggih, karena didukung teknologi smart aperture yang secara otomatis mengatur bukaan lensa f/1.5 dan f/2.4, lalu ada AI-ultra clear engine yang bisa mengatur komposisi warna, kontras, serta pencahayaan pada hasil foto. Smartphone ini oke banget loh buat night photography. Dengan adanya fitur-fitur ini, nantinya  hasil foto kita bisa terlihat lebih jernih dan tajam. Makin elok pokoknya, kayak gini:

night photography
Foto diambil dari https://arenalte.com

Nah, kalau mau tahu lebih banyak tentang smartphone yang satu ini langsung saja ke halaman resmi OPPO R17 Pro atau bisa juga cek di sini, ya.

Camping akan lebih menyenangkan kalau dilakukan bersama orang-orang terdekat untuk menikmati quality time bersama. Selain empat hal diatas, kita masih bisa melakukan banyak hal lagi saat camping di alam bebas, misalnya saja mengadakan kajian atau melakukan outbond pagi harinya.

Yang jelas apapun yang ingin dilakukan saat camping, haruslah kegiatan yang positif dan enggak merugikan alam sekitar. Jangan sampai setelah kita camping, malah meninggalkan sampah dan merusak lingkungan. Itu enggak banget, sih!

Terima kasih sudah mampir. Mungkin kapan-kapan kita bisa nih camping bareng :)

Author

Enterprenuer and Crafter Mommy || I have one little kid, I love writing, sewing and photography || dzul.rahmat@gmail.com

Comments

February 21, 2019 at 10:46 am

pengen deh bisa merasakan camping menyenangkan bareng keluarga …biasanya camping kesannya gimanaa gitu..serem karena dituntut ini itu saat camping di sekolah



February 21, 2019 at 11:52 am

waaaaahhh Oppo R17 Pro punya fitur night fotografi? dan hasil fotonya juga kece badaaaaaiiiii. Ih jadi ingin memiliki nih rasanyaaaaaa



February 21, 2019 at 12:29 pm

Aktivitas seru kalau lagi api unggun itu main tebak2an atau apa yang pada akhirnya ada yang kalah terus kena hukuman suruh joged atau apalah. Hahaha. Jadi kangen camping.



Lidya
February 21, 2019 at 12:43 pm

Wah Eva keren nih aktiv ya waktu kuliah dulu, aku mah cuma kuliah aja maunya setelah selesai buru-buru pulag maklum lah Depok – Bekasi PP.:)

Nyobain kemping lagi setelah sekian lama setelah jadi blogger, seru juga bisa menikmati api unggun lagi. OPPO R17 Pro fitur kamera untuk jepretan malamnya bagus ya gak gelap hasilnya.



    Dzulkhulaifah
    February 21, 2019 at 5:31 pm

    Hahahaha iya Mbak Lidya, kampusku soalnya deket banget sama rumah jadi enggak terlalu capek gimana gitu. Oppo R17 Pro memang bukaan lensanya lebar jadi terang hasilnya.



February 21, 2019 at 4:11 pm

Ya Allah, bagus banget itu hasil foto Oppo R17 Pro. Padahal malem, ya.

Btw aku juga suka mba camping gitu. Seru aja gitu rasanya ya, haha



February 21, 2019 at 4:55 pm

udah lama banget ga kemping terakhir ya pas SMA mba ini cakep ya ternyata OPPo ada fitur night photographynya jadi ga perlu bawa dslr ya mba cukup HP aja mantap pisan



    Dzulkhulaifah
    February 21, 2019 at 5:28 pm

    Iya, Mbak. Foto malam hari itu kan galau banget kalau pakai kamera biasa hahaha. Kalau pakai Oppo jadi tsakep gambarnya.



February 21, 2019 at 10:24 pm

Camping tu seru banget lhoh mbak, syahdu – syahdu gimana gitu. Apalagi kalau udah nyalain api unggun terus nyanyi dan gitaran. Jadi inget dulu waktu jadi anak pramuka sering banget camping. Jaman itu kalau foto – foto pakai kamera manual dan hasilnya jelas nggak ok. Kalau sekaramg sih kamera udah canggih – canggih ya, seperti Oppo R17 pro ini..



February 22, 2019 at 2:19 am

Aku mau camping. Rindu banget. Dulu sering camping.. iyanih smenjak nikah blm camping lagi. Maunya glamping dulu, jajal2 tapi blm jadi2 karena masi takut anak2 kdinginan 😆
Jadi kapan bikin mie kayak kugy dan keenan 😝



February 22, 2019 at 7:22 am

Night Photography memang sangat keren. tapinya perlu alat yang bagus. Biar bisa terabadikan seperti aslinya. Dan aku masih belom bisa. Ihiks… padahal mupeng banget. :D



February 22, 2019 at 11:20 am

Suka Camping juga kah mak? Toss dehh kita samaann..

Iya bener tuh, kalau camping tuh paling sebel nya kalau malem, hasil foto2 nya suka ga jelas, malah banyak noise nya, jadinya jelek deh. Untung sekarang udah ada Oppo yaa yang canggih banget night mode nya



Eva Zahra
February 22, 2019 at 11:21 am

Aku banget nih, spesialis motretin karena lebih suka memfoto daripada difoto. Traveling dimanapun oleh-oleh utamanya adalah foto dan cerita seru. Apalagi kalau dibekali dengan gadget canggih yang bikin hasil foto makin ciamik. Puas maksimal…



Eva Zahra
February 22, 2019 at 11:23 am

Destinasi keren bikin ingin mengabadikan foto sebanyak-banyaknya. Apalagi kalau ditunjang dengan gadget yang keren ya.. Mantap



February 22, 2019 at 12:31 pm

Aku juga suka banget kalau jadwal Malam Keakraban. Dulu hampir setiap tahun ikut, maklumlah, aku ini termasuk mahasiswa kelebihan energi. Pernah sekali pakai acara camping yang benar-benar di alam. Waktu itu Kali Kuning yang dipilih, lumayan serem tapi ya asyik aja karena ramai-ramai. Sayang aku gak ada dokumentasinya. Coba zaman itu sudah ada kamera smartphone se-kece punya OPPO ini. Hm, bakalan banyak dokumentasiku.



    Dzulkhulaifah
    February 24, 2019 at 6:38 pm

    Semua acara malam keakraban saya punya dokumentasi tapiiii gelap semua hahaaha. Waktu awal-awal masih pakai kamera analog. Terus beralih ke digital tapi tetap gelap karena belum punya SLR hahahaha.



February 22, 2019 at 3:41 pm

Saya juga seneng camping, Baik saat masih sekolah dan sekarang saat udah berkeluarga. Kebetulan suami juga suka sekali berwisata alam. Jadi sudah beberapa kali kami sekeluarga pergi camping. Asyik juga ya, bisa tidur beratapkan langit.



February 22, 2019 at 5:15 pm

Aku agak PR kalau foto malam2. Entah alatku yang kurang bagus atau akunya yang belum bisa, hahaha. Padahal mengabadikan moment camping saat malam itu seruuuu



February 22, 2019 at 7:18 pm

Pengen banget ajak anak-anak merasakan kemping begini, biar tahu serunya duh pasti berkesan banget ya



February 23, 2019 at 7:38 am

Wah menyenangkan banget bisa camping bersama di malam hari, aktivitas kece buat keluarga nih apalagi diabadikan pakai Oppo R17 yg punya fitur keren buat mengabadikan kenangan bersama keluarga…hiks jadi mupeng.



Maria Soraya
February 23, 2019 at 12:06 pm

Hasil foto2 Oppo R17 bikin berasa jadi fotografer profesyenel ya Mak. Urusan foto, Oppo masih jadi yg terdepan. Pengin juga akutuh



February 23, 2019 at 1:31 pm

Jadi ingat waktu camping masa SMA, paling suka menyalakann api unggun sambil main gitar dan baca puisi. Baca ini jadi kangen, apalagi sambil foto-foto cantik di malam hari ya.



February 23, 2019 at 9:06 pm

Duh ngiler banget sama OPPO R17 Pro. Kebayang cakepnya hasil foto pake kamera ini. BTW, jadi pengen camping. Kangen sama suasana camping. Rasanya sudah bertahun-tahun nggak menghirup udara gunung



February 23, 2019 at 9:12 pm

Wah keren ya OPPO tipe satu ini bisa tetap ngasilin foto ciamik meski di malam hari dan cahaya seadanya

Hmm apa saya harus berganti ke OPPO? Hehee…



February 26, 2019 at 4:15 am

Ini seriusan mba semuanya hasil foto pake Hp? Wahh oppo emang tiada duanya ya kalo soal poto. Jadi mupeng banget pengen punya oppo seri ini. Hehe. Latah banget la aku ini



March 8, 2019 at 9:09 am

waktu kecil sering main camping2an di rumah, seruuuu. ingat pengalaman itu jadi lucu sendiri. keren yach OPPO jadi ngiler pengen punya.



    Dzulkhulaifah
    March 10, 2019 at 10:52 pm

    Iya sama, saya juga suka camping sama sepupu-sepupu di samping rumah. Apalagi kalau musim liburan sekolah, otomatis bikin tenda haha.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *