Travel & Culinary

Ngeri-ngeri Sedap Naik Wahana Mola-mola di Ocean Dream Samudra Ancol

Nggak cukup waktu seharian untuk menjelajah tempat wisata di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Makanya sebeluum ke Ancol harus sudah ditentukan terlebih dahulu mau ke mana. Dan kali ini saya bersama Hammam main-main di Ocean Dream Samudra, mau naik wahana Mola-mola Spinning Coaster yang merupakan wahana terbarunya.

Sejujurnya ini adalah kunjungan pertama kami ke Ocean Dream Samudra, jadinya super excited. Karena selain ingin naik wahan Mola-mola Spinning Coaster juga mauuuu banget melihat atraksi lumba-lumba. Beberapa hari sebelum pergi saya sudah sounding ke Hammam tentang kedua wahana dan atraksi ini. Katanya sih dia berani naik Mola-mola yang tinggi lintasannya 9,5 meter itu. Hhmmm, kira-kira beneran berani, nggak, ya? Mari kita lihat.

Ocean Dream Samudra adalah taman rekreasi bertema konservasi alam khususnya biota laut. Pertama kali diresmikan oleh Gubernur Ali Sadikin pada bulan Juni tahu 1974, kini Ocean Dream Samudra telah memasuki usianya yang ke 45 tahun. Waaaw, sudah lama banget dan saya baru sekali ke sini. Haha. Dalam bayangan saya Ocean Dream Samudra itu hanya menyajikan pentas lumba-lumba, singa laut dan yang berhubungan dengan biota laut saja. Ternyata begitu memasuki gerbang utama saya dibuat kagum dengan banyaknya wahana-wahana permaianan untuk anak.

Pada peresmian wahana Mola-mola Spinning Coaster hari Rabu, tanggal 4 Desember 2019 yang lalu, Bapak Rika Sudranto selaku Vice President Seaworld Ancol – Ocean Dream Samudra menyampaikan, “Dengan adanya Mola-mola Spinning Coaster diharapkan dapat menambah keriaan berwisata di Ocean Dream Samudra serta meningkatkan jumlah pengunjung.” Fyi, saat ini Ocean Dream Samudra telah melayani 1 juta pengunjung per tahun.

Bapak Rika Sudranto, Vice President Seaworld Ancol – Ocean Dream Samudra.
Photo by Nur Annisa

Mola-mola Jet Spinner ini terdiri dari 5 rangkaian kereta yang masing-masing bisa diisi 4 orang baik dewasa maupun anak-anak. Anak dengan tinggi 90 cm sudah bisa ikutan menikmati wahana ini, lho. Rangkaian kereta akan berjalan, berbelok dan meluncur di atas lintasan sepanjang 128 meter dengan ketinggian kurang lebih 9,5 meter. Lumayan tinggi, gengs!

naik wahana mola-mola

Namanya sendiri diambil dari ikan Mola-mola atau ikan matahari (sunfish) yang merupakan spesies di perairan tropis. Ikan Mola-mola sangat terkenal di dunia karena bentuknya yang unik, hanya seperti kepala dan ekor tapi besaaar sekali. Makanya wahana Mola-mola yang diimport dari Italia ini pun bentuknya menyerupai ikan tersebut.

Mola-mola laut atau mola biasa adalah salah satu ikan bertulang terberat yang dikenal di dunia. Dewasa biasanya beratnya antara 247 dan 1.000 kg. Spesies ini berasal dari perairan tropis dan beriklim sedang di seluruh dunia. Itu menyerupai kepala ikan dengan ekor, dan tubuh utamanya rata secara lateral.

Wikipedia

Sedangkan untuk pemilihan warna ungu dan kuning itu mengambil tema negeri seribu satu malam, identik dengan Aladdin dan lampu ajaib yang sangat disukai anak-anak.

naik wahana mola-mola

Pengalaman Mencoba Naik Wahana Mola-mola Spinning Coaster Bersama Si Kecil

Setelah mendapat penjelasan yang cukup serta pengetahuan seputar keamanan wahana ini, saya bersama teman-teman blogger dan media dipersilakan untuk langsung mencobanya. Nggak mau ketinggalan, anak saya pun langsung berbaris pada antrian yang cukup panjang hingga membuatnya jadi nggak sabar untuk segera naik.

naik wahana mola-mola
Foto dulu sebelum kereta berangkat. Gimana, mukanya udah tegang, belum? ๐Ÿ˜›

Oh ya by the way hari itu saya juga mengajak 2 orang keponakan saya, tapi bukan keponakan kecil unyu-unyu gitu, yah. Keponakan saya itu udah pada besar, tapi mereka penakut. Hahaha. Saya tantang mereka untuk ikutan naik Mola-mola Jet Spinner. Awalnya mereka ngeri, hingga akhirnya mau juga untuk naik.

Saya dan Hammam naik di rangkaian kereta urutan kedua. Sementara kedua keponakan saya duduk di kereta yang sama tapi posisinya membelakangi. Sayang banget saya jadi nggak bisa lihat ekspresi mereka haha. Sebelum keretanya jalan kami harus mengunci terlebih dahulu pengaman yang ada di depan kursi. Terdapat 2 pengaman di sini. Pertama terdapat pada sabuk yang dikaitkan ke kursi. Kedua ada pengaman berlapis busa tebal yang jika ditekan ke bawah maka akan langsung mengunci dan melindungi diri kita selama permainan berlangsung. Petugas pun akan memeriksa satu per satu, memastikan semuanya sudah menggunakan pengaman dengan benar.

naik wahana mola-mola
Mulai deg-degan….

Saat kereta mulai naik ke lintasan tertinggi rasanya saya pun agak-agak takut. Soalnya teman-teman yang sudah naik duluan itu pada jejeritan. Nah, setelah naik kereta berbelok sebentar dan akhirnya meluncur, wusssshh! Saat itulah uluhati terasa begitu ngilu. Oh, mungkin begini rasanya ya kalau naik karpet terbangnya Aladdin. Haha.

Wahana ini memang mirip dengan Halilintar yang ada di Dufan, tapi lintasannya lebih pendek dan lebih rendah, menyesuaikan dengan usia anak-anak. Meski begitu tetap saja ada rasa deg-degan dan ketika kereta meluncur ke bawah itu lumayan bikin shock. Pokoknya harus banget teriak, sih. Kalau nggak, rasanya kayak sesak napas. Kalau teriak pasti lega. Anak saya awalnya cuma diam dalam rasa kagetnya. Lalu saya suruh dia teriak dan akhirnya jadi mengurangi rasa tegang.

Mola-mola melintas di rel sebanyak 3 putaran, selama itu pula tak hentinya pengunjung yang naik wahana ini teriak tapi sambil ketawa-ketawa. Yang bikin permainan ini berbeda degan Halilintar adalah keretanya bisa berputar 360 derajat. Duh, rasanya mau tutup mata saja, haha. Tapi fun banget, lah. Kalau diminta naik lagi saya nggak nolak, kok. Sayangnya si Hammam nggak mau naik lagi, katanya “Habis main ini (Mola-mola) jadi lapar, mih.” Haaaa, ok, bhaique. Mari kita makan mengisi tenaga supaya bisa main yang lain lagi.

naik wahana mola-mola
Ekspresi setelah diputar-putar di atas lintasan.

Atraksi Lainnya di Ocean Dream Samudra

Setelah puas main di Mola-mola Spinning Coaster dan menyantap makan siang, kami pun mulai berkeliling Ocean Dream Samudra, demi menemkan atraksi lainnya.

Pertama kami nonton film animasi di Cinema 5D yang bercerita tentang satwa baik di darat maupun di air. Setiap penonton diberikan kacamata 3D agar gambar yang ada pada layar serasa hidup dan benar-benar ada di depan mata kita. Sedangkan yang dimaksud 5D adalah kursi yang bisa bergerak mengikuti alur cerita dan suasana sekitar terasa begitu nyata dengan adanya efek buatan di sisi kanan, kiri, bawah dan depan kursi. Misalnya saat adegan film terdapat angin maka ada hawa dingin yang berhembus di dekat kita.

Sebelum ke Cinema 5D sebenarnya kami ingin nonton atraksi Stuntman Show gitu, ini seru banget. Ceritanya seperti adegan film di tepi danau atau laut, ada jet ski, semacam flying fox dan lain-lain. Sayang sekali saat mau nonton sudah terlanjur penuh jadi nggak bisa kelihatan.

Next saya mengajak rombongan untuk nonton atraksi singa laut dan berang-berang. Pertunjukan yang berlangsung selama 30 menit ini sungguh menghibur hati. Sebab sepasang berang-berang dan singa laut yang sudah terlatih ini amat sangat lucu. Mulai atraksi buang sampah pada tempatnya, main bola basket yang mana ada adegan bolanya nggak mau masuk dan berjalan di atas tabung kecil. Apalagi sepasang singa laut yang juga suka bercanda. Semua penonton akan diajak tertawa dan riuh bertepuk tangan.

atraksi singa laut
Singa laut jago menyundul bola.

Setelah terhibur dengan aksi singa laut dan berang-berang, Hammam minta naik wahana Karusel atau komidi putar kuda-kudaan. Di wahana ini orang tua bisa mendampingi anak tetapi nggak boleh menaiki kuda-kudaannya, jadi hanya boleh berdiri di sebelah anaknya.

ocean dream samudra
Wahana Karausel kesukaan anak-anak.
ocean dream samudra
Hammam termangu naik kuda laut ๐Ÿ˜€

Karena hari sudah mulai sore dan sebentar lagi Ocean Dream Samudra akan tutup, kami menuntaskan keseruan hari itu dengan menonton atraksi lumba-lumba yang letaknya persis ada di depan wahana Mola-mola Jet Spinner. Sebenarnya sudah agak terlambat karena pertunjukan sepertinya sudah berlangsung 15 menit yang lalu. Tapi saya tetap bahagia melihat pertunjukan ini untuk yang pertama kalinya. Luar biasa banget deh mamalia laut yang satu ini, pintar sekaliiiii. Bisa melompat ke lingkaran besar, berjalan di air dengan posisi berdiri, mau diajak berfoto bahkan bisa mengerjai penonton dengan memercikkan air dari kolam ke penonton yang ingin foto bareng.

atraksi lumba-lumba
Aduuuuuh keren bangeeet!
atraksi lumba-lumba
Sepasang lumba-lumba ini dilatih oleh trainer profesional.

Wahana lainnya yang bisa dinikmati ada Istana Penguin, Boto-boto, Ubur-ubur, Taman Surga Burung dan aneka satwa lainnya. Bakalan happy banget deh anak-anak kalau diajak ke sini.

Tiket dan Jam Operasional Ocean Dream Samudra Ancol

Berhubung sebentar lagi kita akan memasuki liburan akhir tahun, buat yang nggak punya rencana pergi jauh-jauh, silakan deh mengunjungi Ocean Dream Samudra di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Tiket masuknya Rp 95.000 (weekday) dan Rp 125.000 (weekend). Tersedia juga tiket bundling dengan Atlantis Water Adventure seharga Rp 115.000 (weekday) dan Rp 160.000 (weekend) dan bundling dengan Seaworld Ancol Rp 135.000 (weekday) dan Rp 180.000 (weekend).

Kita bebas datang kapan saja karena Ocean Dream Samudra dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 18.00. Supaya makin puas bisa berkali-kali main ke Ocean Dream Samudra, saya rekomendasikan untuk beli tiket annual pass yang berlaku selama satu tahun, harganya Rp 195.000 saja. Ihwaaaaw!!!

Untuk pengunjung yang datang dengan menggunakan bus Transjakarta nanti akan tiba di gerbang barat. Karena Ocean Dream Samudra letaknya cukup jauh saya sarankan untuk naik taksi saja, tarifnya flat Rp 25.000. Atau ada Grab yang sudah bekerja sama dengan Ancol, free tiket masuk untuk mobil dan drivernya.

Well, selamat mempersiapkan liburan akhir tahun, ya, gengs!

#oceandreamsamudra #molamola #liburanakhirtahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *