fbpx
hoala koala
Family & Parenting / Tips & Review

Youtube Channel Lagu Anak-anak Terbaru

Sudah seminggu lebih Hammam (7 tahun) mengulang-ulang sebuah lagu. Bukan lagu anak-anak terbaru, tapi lagu tahun 2019 yang merupakan soundtrack film animasi bertema hewan peliharaan. Anak saya memang pecinta movie soundtrack, jadi kalau lagi suka sama satu lagu bisa diputar terus deh.

Tapi dia tuh belum paham banget arti dari lagu itu apa, karena dinyanyikan dalam bahasa inggris. Saya pikir akan lebih baik kalau anak seusianya mendengar lagu yang mudah dipahami. Jadi bisa mengambil pesan yang disampaikan lagunya. Lagi pula soundtrack film biasanya dibawakan oleh orang dewasa, jadi kurang menyatu sama dunia anak.

Dan dari dulu dia memang sukanya yang inggris-inggris meski nggak tahu artinya. Mungkin karena konten luar negeri tuh videonya bagus-bagus, visualnya jelas dan menarik. Di Indonesia juga sudah banyak nih konten yang kualitasnya nggak kalah dari konten luar. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah Youtube Channel Hoala Koala.

hoala koala
Suka banget sama animasinya yang se-detail ini.

Pertama tahu channel ini karena pernah baca di blog orang lain. Di situ dia bilang Hoala Koala kontennya lagu anak. Langsung saya kepoin karena memang lagi butuh referensi untuk tontonan anak.

Mengarahkan Tontonan Anak

Tontonan edukatif untuk anak sudah macam-macam banget sekarang. Hoala Koala termasuk salah satunya menurut saya, karena meski isinya lagu semua tapi pesannya jelas. Sayangnya kadang anak kan nggak langsung mau, ya, menerima referensi dari kita. Lebih seringnya anak-anak pilih sendiri video yang mereka mau.

Ada trik yang saya lakukan supaya Hammam tertarik dengan apa yang saya rekomendasikan, tanpa memaksanya. Yaitu dengan menghubungan suatu kejadian dengan lagu yang sesuai. Misalnya kalau dia cerita bahwa dirinya semalam bermimpi buruk, saya langsung nyamber “Itu seperti lagu anak Rubah Ngintip Hoala Koala, dong?”

“Ha? Apa itu Hoala Koala?” dia bertanya penasaran. Akhirnya saya jelaskan bahwa kemarin saya nonton video tersebut. Lagunya bercerita tentang seorang anak sering terbangun di malam hari karena bermimpi buruk.

Lagu Anak-anak Terbaru Hoala Koala

Hoala Koala adalah channel lagu anak yang bisa dinikmati melalui Youtube, Spotify dan iTunes. Diciptakan sebagai karakter musikal dengan visualisasi 3D.

Karakternya seorang anak bernama Hoala yang bersahabat dengan hewan Koala yang lucu. Mereka senang sekali bernyanyi. Selain itu ada karakter Ayah, Ibu, Miss Jeruk dan juga hewan lainnya.

hoala koala

Saat ini Hoala Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 50 lagu anak-anak terbaru. Setelah didengarkan baik-baik, ternyata Hoala Koala disajikan dalam berbagai genre musik. Kalau selama ini lagu anak-anak kebanyakan dibawakan secara pop, Hoala Koala berbeda. Ada variasi genre jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.

Instrumen musiknya pun beragam. Nggak lagi menggunakan single keyboard seperti lagu-lagu anak pada umumnya. Tapi saya bisa mendengar ada saxophone dan terompet di beberapa lagu. Bahkan ada juga instrumen etnik seperti gamelan dan angklung.

Lirik lagu anak-anak terbaru di channel Hoala Koala cukup kompleks tapi tetap bisa diikuti. Variasi kata-katanya saya rasa bisa menambah perbendaharaan anak-anak, sehingga mereka bisa mengenal kosakata baru.

Baca juga : Perkembangan Bahasa pada Anak

Pesan yang Disampaikan Hoala Koala

Selain aransemennya yang digarap dengan konsep modern dan bekerja sama dengan musisi internasional, channel Hoala Koala memiliki banyak sekali pesan yang ingin disampaikan kepada penonton. Bukan hanya penonton anak-anak, tetapi juga untuk para orang tua yang menemani anak-anak nonton.

Kontennya relate dengan keseharian anak masa kini yang tumbuh berkembang dengan gadget bersama mereka. Sehingga pesan yang disampain pada setiap lagu memang benar-benar sesuai dengan apa yang dialami anak-anak.

hoala koala

Seperti lagu “Di rumah aja” yang memang sedang kita semua jalani saat ini. Kemudian ada lagu “Kembali ke Sekolah”, karena Hoala merindukan teman-temannya setelah sekian lama belajar dari rumah. Video ini cukup disukai sama Hammam, karena konsepnya Zoom meeting gitu. Lucu, deh.

Satu lagi pesan yang ‘kena’ banget untuk orang tua, pada lagu berjudul “Minta Ayah”. Bercerita tentang Hoala Koala yang dilarang nonton TV dan main handphone. Bahwa pesan kepada anak itu nggak bisa sekali diucapkan, tetapi harus diulang. Dan apa yang dilakukan anak adalah meniru kegiatan orang tuanya, jadi orang tua pun harus bijak dalam bertindak.

Sejujurnya belum semua lagu yang ada di Hoala Koala kami dengarkan bersama-sama, karena Hammam akhir-akhir ini sedang kurang enak badan dan butuh banyak istirahat. Jadi ceritanya dia lagi libur main hape atau nonton TV. Hehe.

Tapi overall Hoala Koala adalah channel yang bisa dijadikan salah satu hiburan keluarga melalui lagu anak-anak terbaru dengan nuansa berbeda dan animasi yang cukup baik. Terutama pesan-pesan dalam setiap lagunya semoga bisa menyentuh hati anak-anak dan orang tua yang menontonnya.

lagu anak-anak terbaru hoala koala
Suka banget lihat foto ini, sekeluarga makan bareng. Yang mungkin sekarang sudah jarang terjadi.

Author

Enterprenuer and Crafter Mommy || I have one little kid, I love writing, sewing and photography || dzul.rahmat@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *