kwikku
Tips & Review

Kompetisi Menulis Novel dan Webtoon untuk Milenial dan Gen Z

Hai, gengs.  Kalau dihitung-hitung kita sudah berapa lama, ya, diam di rumah? Haha, sampai nggak ingat lagi. Jangankan jumlah hari, sekarang hari apa saja suka lupa. Apalagi sama tanggal, bye banget lah. Mungkin waktunya kalau dipakai untuk menulis cerita, sudah kelar satu novel kali. Eh, apa? Kalian beneran memanfaatkan pandemi ini untuk menulis novel? Waaah, selamat!! Buruan gih terbitkan, atau ikutan nih kompetisi menulis novel dan webtoon yang diselenggarakan oleh Kwikku.com. Total hadiahnya lima ratus juta, lho!

By the way, Kwikku itu apaan, sih?

Kwikku Digital Platform Karya Anak Negeri

Kwikku adalah sebuah platform media sosial yang diinisiasi oleh para mahasiswa di Malang, pada tanggal 26 September 2013. Seiring berjalan waktu Kwikku bertransformasi menjadi platform digital content yang memfasilitasi kebutuhan literasi bagi para milenial dan Gen Z. Kemudian berkembang lagi dengan fitur yang lebih variatif.

Saat ini Kwikku memiliki 4 fitur utama yaitu : Media sosial, Novel, Webtoon, KNOW (Kwikku Now).

Media sosial adalah tempatnya para milenial dan Gen Z bertemu di dunia maya, menjadi teman dan bertukar informasi.

Fitur Novel bisa dimanfaatkan untuk membaca novel yang mana novel-novel ini adalah hasil unggahan pengguna Kwikku juga. Jadi bagi yang senang menulis novel bisa menerbitkan karyanya di Kwikku dengan bantuan editor khusus.

kwikku
Fitur novel di Kwikku.com, sudah ada beberapa yang saya tandain buat dibaca. Heheyy.

Webtoon adalah fitur yang mirip dengan Novel tapi ceritanya dalam bentuk komik digital. Para kreator muda bisa banget mem-publish karyanya pada fitur ini.

Sementara itu pada fitur KNOW kita bisa menemukan beragam informasi yang sedang happening. Tentunya berita-berita yang tampil di KNOW merupakan berita non hoax karena sudah melewati proses kurasi. Setiap berita yang kamu baca di KNOW merupakan berita valid, bersumber dari official media partner yang telah bekerja sama dengan Kwikku.

Kehadiran Kwikku juga sebagai upaya agar masyarakat lebih menghargai karya-karya dari penulis dan kreator, serta nggak membaca novel dan komik bajakan. Di Kwikku sudah ada semua, gengs. Saat ini banyak sekali penerbit yang telah bekerjasama dengan Kwikku seperti Bentang Pustaka, Mizan Publishing, Noura Publishing, Melvana Group dan Falcon Publishing. Jadi stop pembajakan dan selalu membaca karya asli.

Untuk bisa menikmati karya-karya di Kwikku, kamu bisa mengaksesnya melalui website www.kwikku.com atau aplikasi Kwikku yang bisa didownload di Playstore.

Launching Kwikku dan Pengumuman Kompetisi Menulis Novel dan Webtoon

Dengan format barunya ini Kwikku mengadakan Launching secara online pada tanggal 23 April 2020 yang dihadiri oleh Tim Kwikku, penulis novel dan komikus, serta media dan blogger, melalui aplikasi Zoom. Situasi pandemi ini nggak mengurangi antusias dari seluruh pihak yang terlibat dalam acara launching Kwikku.

Dan pada waktu yang bersamaan Kwikku juga mengumumkan diadakannya kompetisi menulis novel dan webtoon yang bisa diikuti oleh generasi muda. Karena kita semua sedang dalam keadaan work from home atau school form home, kompetisi ini mengusung tema #BERKARYADARIRUMAH.  Seperti yang tadi saya sebutkan di awal, total hadiah untuk kompetisi ini sebesar Rp 500.000.000. Siap-siap jadi pemenang, kalau dewan juri seperti A. Fuadi, Dee Lestari, Faradita, Luluk HF dan Bayu Permana suka sama novel karya kamu.

kompetisi menulis novel

Oh ya untuk Kompetisi Webtoon, akan ada creator muda berbakat Faza Meonk, Sweta Kartika, Hello Dita, beserta para komikus legendaris seperti Gerdi WK dan Lan Kelana yang sudah siap kasih nilai untuk setiap karya yang disubmit.

Memang situasi pandemi ini adalah sesuatu yang nggak biasa dan belum pernah terjadi sepanjang kita hidup, ya. Suatu saat nanti masa-masa ini pasti akan menjadi kenangan yang berarti. Apalagi kalau selama pandemi kamu berhasil menelurkan sebuah novel dan webtoon atau menjadi salah satu pemenang kompetisi menulis novel dan webtoon di Kwikku. Whaaaa, pasti bangganya sampai akhir hayat, deh.

Buat kalian yang tertarik untuk mengikuti kompetisi ini silakan mengunjungi event.kwikku.com. Jangan ragu-ragu untuk memulai dan semangat selalu, ya.

Salam sayang, dari youngesteight.com.

Author

Enterprenuer and Crafter Mommy || I have one little kid, I love writing, sewing and photography || dzul.rahmat@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *