Health

Dari Perempuan untuk Hari Perempuan Internasional

Bulan lalu tepatnya tanggal 8 Maret dunia merayakan Hari Perempuan Internasional. Banyak sekali jenis perayaan yang digelar untuk memperingati Internasional Women’s Day oleh bebagai institusi atau organisasi. Karena tak bisa dipungkiri sosok  perempuan memang penting adanya. Tak terkecuali Lactacyd yang merupakan brand pembersih area kewanitaan turut mendukung eksistensi perempuan dengan cara menyelenggarakan acara khusus untuk perempuan yang bertajuk “Share Your Power”.

Senang sekali saya menjadi salah satu yang hadir pada acara tersebut untuk mendapatkan edukasi mengenai cara perawatan area kewanitaan yang disampaikan oleh Dr. Riana Nirmala Wijaya – Medical Manager dari Lactacyd. Bersama dengan Bapak Jehezkiel Martua – Product Marketing Consultant dari Sanofi. Sanofi sendiri merupakan perusahaan biofarmasi global yang hadir untuk membantu masyarakat dalam menghadapi permasalahan kesehatan.

Karena acara ini bertema pemberdayaan perempuan, tentunya banyak sekali kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan seperti Zumba yang dilakukan sejak pukul 8 pagi. Kemudian dilanjutkan dengan aktivitas kesenian seperti decoupage, nail painting dan henna. Sayangnya pada jam tersebut saya belum bisa hadir di tengah peserta berbaju serba pink ini.

Hari perempuan internasional
Hidup sehat dengan berolahraga.

Acara yang berlangsung di halaman parkir Carrefour Lebak Bulus, Jakarta Selatan ini juga menyediakan booth games yang bisa diikuti oleh siapapun.

Hari perempuan internasional

Sementara itu acara inti dimulai pada pukul 10.15 pagi, tepat setelah Follow Band selesai menghibur kami semua dengan lagu-lagu enak. Dibuka dengan sambutan dari Ibu Adisti Nirmala selaku Head of Marketing Sanofi dan Ibu Rohika Kurniadi Sari – Assisten Deputy Pemenuhan Hak Anak, Deputy Tumbuh Kembang Anak
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Talkshow yang pertama menghadirkan narasumber Ibu Misiyah – Pendiri & Direktur Institut KAPAL Perempuan (sebuah organisasi social yang bekerja dan memberikan perhatian khusus pada kelompok-kelompok terpinggirkan terutama perempuan dan minoritas di berbagai  daerah terpencil di Indonesia).

Ibu Misiyah menggambar sedikit filosofi dari nama Kapal Perempuan, yaitu Indonesia merupakan negara maritim yang dapat dihubungkan dengan kapal yang berlabuh dari pulau ke pulau. Kapal-kapal inilah yang pada akhirnya akan menjangkau perempuan di daerah yang selama ini sulit dijangkau.

Institut Kapal Perempuan hadir di Indonesia sejak tahun 2000 atau sudah 19 tahun. Hadir untuk menyemangati perempuan di Indonesia bahwa setiap masalah pasti ada solusinya. Salah satu pengaduan yang sering kali diterima oleh institut ini adalah tentang isu ekonomi hingga kekerasan dalam rumah tangga, baik itu kekerasan fisik maupun verbal.

Strategi yang dilakukan adalah dengan mengubah cara berpikir agar perempuan mampu mengubah keadaan. Kemudian dilakukan pendekatan dengan memberikan rasa empati dan secara bersama-sama menyelesaikan masalahnya.

Didirikan pula Sekolah Perempuan bagi perempuan yang selama ini memiliki keterbatasan akses untuk dilatih memiliki pemikiran kritis. Saat ini sudah ada 200 leader di  seluruh Indonesia yang mampu mengedukasi perempuan lainnya.

Anggota dari Sekolah Perempuam ikut meramaikan acara, lho, dalam bentuk pertunjukan musik dari panci. Untuk ukuran ibu-ibu yang baru belajar musik, harmonisasi nadanya terdengar lumayan. Keren.

 

Pertunjukan musik panci dari Sekolah Perempuan Kapal Indonesia

Pada kesempatan yang baik ini, Sanofi Indonesia memberikan sumbangan kepada Institusi Kapal Perempuan sebesar Rp. 50.000.000 untuk pemberdayaan perempuan Indonesia.

Talkshow berikutnya adalah tentang rasa percaya diri perempuan yang perlu sekali dijaga untuk menjadi lebih kreatif. Salah satu caranya adalah dengan selalu membersihkan diri, khususnya bagian kewanitaan.

Dr. Riana mengatakan, setidaknya 2 kali sehari perempuan harus membersihkan miss V. Normalnya kita mandi 2 kali sehari, sehingga bisa dilakukan pada saat tersebut. Gunakan sabun pembersih yang mengandung bahan alami dan Ph yang sesuai. Selain itu pilih sabun yang mengandung bakteri baik (lactobacillus) karena pada organ ini juga terdapat bakteri yang yang harus dijaga.

Dengan kebersihan yang baik kita akan merasa lebih segar dan bersemangat menjangkau ide-ide baru. Sesuai dengan semangat Hari Perempuan Internasional.


 

16 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *