agar anak tidur pulas
Family & Parenting

Agar Anak Tidur Lelap di Kamarnya Sendiri

Tahun ini anak saya akan berusia 6 tahun. Sudah saatnya nih tidur terpisah dengan orang tua, sudah telat malahan yaaa. Harusnya sebelum usia 5 tahun sudah dilatih agar anak tidur lelap di kamarnya sendiri. Hehe. Sebenarnya waktu dia usia 4 tahun gitu sudah pernah tidur sendiri, pakai dipan dan kasur lungsuran dari zaman saya remaja. Tapi lalu Ibu saya sakit, harus pindah kamar yang lebih dekat dengan kamar mandi dan butuh dipan yang lebih kecil. Akhirnya dipan saya ini lah yang bisa dipakai dan Hammam kembali tidur bersama mami papinya sampai sekarang.

Sudah ada wacana, sih, untuk membelikannya kasur yang baru. Ruangan juga sudah kami bersihkan, disingkirkan barang-barang yang sudah nggak perlu sehingga kamarnya jadi lebih lega. Tapi itu saja sepertinya belum cukup. Masih ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar si kecil merasa nyaman saat waktunya tidur.

Menyiapkan Kamar Anak

2 tahun yang lalu Ibu saya bilang saya tega karena membiarkan anak tidur sendiri. “Kasihan, anak umur segitu disuruh tidur sendiri.” katanya. Padahal anaknya sungguh selow, justru dia happy banget merasa punya daerah kekuasaan. Lagipula saya nggak memaksakan, kok. Ada saatnya dia merasa kesepian atau takut sendirian, masih boleh bobo bareng mami papi.

Mental Anak dan Orang Tua

Jadi perkara memisahkan kamar anak dengan orang tua ini bukan cuma anaknya yang harus kuat mental. Ibu dan bapaknya juga ternyata. Haha. Niat awalnya adalah anak tidur sendiri agar bisa lebih mandiri, merasa bertanggung jawab terhadap kamar dan barang-barang milikinya. Waktu itu saya bilang “Karena Hammam sudah besar, pasti sudah bisa bobo sendiri.” Dan anaknya langsung mau.

agar anak tidur lelap
Waktu Hammam masih balita :D

Lalu bagaimana sikap orang tua terhadap intervensi pihak luar? Hadapi dengan bijak saja. Katakan kepada mereka bahwa ini adalah salah satu cara menumbuhkan kemandirian anak dan rasa percaya diri yang berdampak baik untuk kedepannya. Ingat, untuk bisa bersaing di zamannya, anak-anak generasi Alpha butuh rasa percaya diri yang lebih tinggi.

Perlengkapan Kamar Tidur

Nah berikutnya tentu saja kita perlu menyiapkan perlengkapan seperti tempat tidur dengan kasur yang nyaman, meja belajar, rak buku dan rak mainan. Sekarang sudah banyak model tempat tidur anak yang sekalian ada meja belajar, rak buku dan lemari pakaian. Mau banget deh beli buat Hammam, pasti dia terlalu senang. Tapi harganya lumayan, nih. Mungkin bisa dibelikan yang harganya lebih terjangkau, ya. Kan yang penting rasa nyaman meski perabotnya nggak mewah.

agar anak tidur pulas

Interior Khas Anak-anak

Biar makin betah bobo sendiri, lengkapi deh kamar si kecil dengan pernak pernik khas anak-anak atau yang menjadi favoritnya. Sekarang Hammam lagi suka-sukanya sama Big Ben, bangunan jam raksasa yang berada di tengah Kota London, gara-gara nonton film animasi Cars 2. Dia juga sudah punya miniatunya. Sepertinya lucu kalau dibelikan sepray gambar Big Ben, ya. Atau seprai gambar Cars juga boleh, nih.

agar anak tidur pulas

Cat Kamar Anti Bakteri

Dan dia juga suka sama film Up yang ada rumah terbangnya itu. Pasti dia akan terkesan kalau di dindingnya dikasih gambar rumah tersebut. Berhubung gambarya juga nggak terlalu sulit, maminya kan selalu bikin gambar rumah di mata pelajaran kesenian waktu SD. Haha.

Oh ya ngomongin soal cat untuk kamar anak, paling aman pilih yang anti bakteri. Karena selain untuk tidur kamar anak biasanya juga digunakan untuk bermain dan belajar. Banyak waktu yang akan di habiskan di kamar anak. Dengan menggunakan cat anti bakteri maka rasanya akan lebih higienis karena terhindar dari bakteri dan kuman.

Bersihkan Kamar Anak Secara Rutin

Kamar sudah siap, perabotan sudah dibeli beserta interior khas anak-anak, cat tembok juga sudah dipilih. Sekarang saatnya menjaga kebersihan kamar anak agar terasa lebih nyaman. Setiap pagi jangan lupa buka jendela kamar dan biarkan udara serta sinar matahari masuk ke dalam. Hal ini dapat membuat udara di kamar menjadi lebih segar. Kemudian lantai secara rutin di sapu dan pel menggunakan cairan pembersih. Dan perhatikan juga kebersihan dinding, jangan sampai ada kotoran yang menempel terlalu lama.

Baca juga : 2 Langkah Membersihkan Lumut di Kamar Mandi

Cat Tembok No Odor Medicare dari Avian Brands

Cat tembok untuk kamar anak yang recommended ada No Odor Medicare dari Avian Brand. Catnya tanpa bau dan anti bakteri. Kan sering banget tuh kita kalau ngecat rumah pas masih baru itu baunya menyengat banget. Bau tersebut berasal dari VOC (Volatile Organic Compound). Nah No Odor Medicare memiliki kadar VOC yang sangat rendah sehingga nggak menimbulkan bau. Produk ini juga bersertifikat Green Label Singapore sehingga sangat aman digunakan untuk cat tembok rumah bahkan untuk kamar anak dan bayi sekalipun.

cat anti bakteri

Oh ya No Odor Medicare ini juga mudah dibersihkan dengan air, jadi nggak ada lagi deh kekhawatiran dinding yang kotor dan penuh dengan kuman.

Sekian tips mempersiapkan kamar untuk si kecil, agar anak tidur lelap di kamarnya sendiri dan menjadi anak yang mandiri serta bertanggung jawab. Terima kasih sudah mampir ke blog ini, ya.

#NoOdorMedicare #TanpaBaudanAntiBakteri #AvianBrands #AvianUntukIndonesia

Author

Enterprenuer and Crafter Mommy || I have one little kid, I love writing, sewing and photography || dzul.rahmat@gmail.com

Comments

April 25, 2020 at 9:34 pm

Nah ini masalah pules ternyata juga berkaitan dengan yang ada di sekitar ya dari pemilihan warna hingga bahan cat.



April 27, 2020 at 8:50 am

Kalau kamarnya rapi, bisa lebih betah yaa



April 27, 2020 at 10:52 am

Anak lelap malem hari jadi bikin enak ortunya istirahat juga tenang ya



April 27, 2020 at 4:08 pm

Nah ini, Cat tanpa bau dan anti bakteri, cocok buat anak2 ramah banget bisa mendukung anak tertidur dengan lelap. Huhuu, jadi inget anakku, katanya mau tidur sama mama terus sampe gede, dan benaar sodara..



April 27, 2020 at 6:24 pm

Aku pas Erysha baru 4 tahun udah aku ajarin buat tidur sendiri. Tapi banyak drama dan aku ngerasa lelah bangettt. Tiap malem jadinya sering kebangun nemenin anak dulu di kamarnya trus subuh aku harus bangun lagi buat masak. Ahhh luar biasa sekali. Akhirnya aku putusin usia 5 tahun aja ngajarin dia tidur sendiri hihihi 😂. Ngomong-ngomong cat Avian ini keren ya ada kandungan anti bakterinya. Jadi aman juga untuk anak



April 28, 2020 at 9:03 am

Anak2ku udah dibuatkan kamar sendiri2..
Tp smp sekarang masih pd tidur sama kami.
Iyes jd bertiga itu masih tidur bareng ayah ibunya..
Smp2 ayahnya beli bed kecil krn ga kebagian tidur di ranjang utama.

Awal2 kamar baru mrk mau.. Lama2
Meksioun awalnya tidur di kamar masing2 malam2 pasti pd pindah ngusel di kamar kami…
Kok susah yaa.
Apa cat ya yg harus diganti



April 28, 2020 at 12:37 pm

Cat nya cocok buat di kamar anak-anak ya, mendukung tidur lebih lelap.
Jadi inget saat si bungsu belajar tidur di kamar sendiri, awalnya sulit nggak mau, tapi akhirnya mau setelah ditemani boneka2nya dan kubelikan guling imut yang atasnya bentuk kelinci2an hehe.



April 28, 2020 at 1:38 pm

Nah kalau penataan sesuai dengan pilihan anak biasanya juga ngebantu mba biar anak pulas. Dan termasuk memilih cat dinding sesuai warna pilihan anak



April 28, 2020 at 4:03 pm

I feel you, mba. Memang perjuangan banget ngelatih anak untuk bobok sendiri. Anakku termasuk yang lengket sama emaknya soalnya, tadinya rewel gitu ketika dilatih untuk tidur sendiri. Ya udah pelan-pelan saja, yang penting nantinya anak merasa nyaman dan tidak terpaksa.



April 28, 2020 at 4:08 pm

Kalau anak sudah tidur di kamarnya sendiri, orang tuanya jadi bisa punya banyak waktu buat berdua hehehe…
Wah ada ya cat anti bakteri, cocok banger nih buat kamar anak-anak



April 28, 2020 at 5:24 pm

Wah, pas banget nih anak2ku agak sulit bobonya dipisahkan sama orangtua padahal udah gede hihihihi :) Iya sih dekorasi dan cat kamar memengaruhi sikon supaya anak2 mau bobo di kamarnya sendiri. Pakai cat Avian Brands sepertinya bisa jadi solusi nih. Pilih warna yang soft dan nyaman ah :D



April 28, 2020 at 10:32 pm

KAlau kamarnya sesuai dengan keinginan anak memang bisa bikin betah tidur sendiri. Sejak pindah rumah yang belum kesampaian itu ngecat. Pengen juga ngecat rumah, terutama kamar anak-anak.



April 29, 2020 at 5:11 am

Penting banget cat anti bakteri ya. Bukan cuma buat anak, tapi kalau bisa buat semua juga



April 29, 2020 at 8:54 am

Ih aku tuh masih ngubujukin anakku untuk tidur sendiri, apalagi sekarang sudah 6 tahun. Maunya ditemenin terus atau minta tidur bareng sama ayah dan bundanya. Kebetulan loh kamar anakku juga pakai Avian ini catnya, pilihan si arsitek rumah waktu itu.



Damar Aisyah
April 29, 2020 at 12:53 pm

Pas kebetulan banget tahun ini mau nyiapin kamar buat DuoNaj, mereka maunya cat tembok calon kamarnya diganti yang cerah-cerah gitu. Kalau pakai cat tembok yang bisa dibersihin gini pasti lebih mudah ya, secara mereka masih hobi melukis bebas di mana aja.



April 29, 2020 at 3:38 pm

Banyak faktor memang ya yang mempengaruhi kenyamanan anak utk bobok di kamar sendiri. Mulai dr kebersihan, dekorasi hingga pemilihan warna cak tembok. Tapi lebih dr itu tentu saja kesiapan mental anak utk berani tidur sendiri :)



April 29, 2020 at 4:57 pm

Baru tahu Avian ngeluarin produk cat tembok anti bakteri.
Pas banget buat keluarga yang punya anak alergi ya, seperti keluargaku.
Dan bebas dari coretan-coretan ya, gampang dibersihinnya.



April 29, 2020 at 6:32 pm

Anakku udah 7 tahun, tapi masih susah disuruh tidur sendiri. Kadang2 aja pas capeeek banget gitu baru dia bisa tidur sendiri, tapi selebihnya sih masih suka tidur bareng aku. Haduuhh



RACHMANITA
April 29, 2020 at 6:46 pm

Hamam sayang Tante kangen sama Hamam….makin pinter ya Hamam sekarang ya mom…rumahnya jadi kece banget



April 29, 2020 at 8:03 pm

Interior dan perlengkapan tidur anak kudu nyaman juga ya, apalagi catnya. Aku lagi ngumpulin pernak pernik anak nih, buat nanti di kamarnya juga.



April 29, 2020 at 8:13 pm

Aku udah wes buatin kamar anak2 mba di atas, tapi masih pada pengen tidur sama aku jadinya kadang ber 4 kadang ber 3 kadang ber 2 wkwkk..
Btw lencote ini juga kupake di rumah loh



Lina W. Sasmita
April 29, 2020 at 9:05 pm

Waktu usia 5 tahun anak saya sudah bisa tidur sendiridi kamarnya eh sekarang usia 10 tahun malah balik lagi tidurnya sama saya. Hadeeuh. Alasannya kamarnya belum nyaman karena nggak ada AC. PR nih untuk segera membaguskan kamarnya.



April 29, 2020 at 9:29 pm

Dulu sebelum Yasmin tidur sendiri di kamar, aku sempat baca artikel juga buat pencerahan.
… dan benar memang ada kiat-kiatnya ya.



April 29, 2020 at 9:58 pm

Pengalaman si sulungku dulu mendadak aja mau tidur di kamarnya sendiri, tapi udah usia 5 tahun 3 bulan. KAget juga waktu dia bawa perlengkapan tidurnya seperti boneka beruangnya, padahal anak cowok, hahahaa
Dulu kamar anak-anak dicat warna biru sama putih, warna favorit mereka karena milih sendiri juga. Nah aku baru tahu ada cat khusus yang bagus untuk kamar anak



April 29, 2020 at 10:10 pm

Anak sulungku pas 4 tahun adiknya lahir, jadi aku pisahin tidur di kamarnya sendiri. Kemudian adiknya pas selesai sapih aku jadikan satu kamar sama si kakak (karena sama gendernya). Pas kakak dah masuk SMP (baligh) kamar mereka aku pisah. Memang ada drama pasti, tapi kalau kamarnya nyaman dan menyenangkan anak akan lelap. Apalagi kalau cat temboknya yang sehat



May 3, 2020 at 11:37 am

Susah-susah gampang memang ya membuat anak bisa tidur nyaman di kamar sendiri. Kecuali kita biasain dan sounding pelan-pelan ya. Trus kamarnya dibikin kecd dengan warna kesukaan..seru



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *