Trik Belanja Hemat dengan Harga Teman Giant

Salah satu tantangan menjadi ibu rumah tangga yang nggak memiliki penghasilan sendiri secara tetap adalah pintar mengatur uang bulanan agar sepanjang 31 hari ke depan nggak mengalami kondisi “kurang uang”. Yang biasa saya lakukan adalah dengan trik belanja hemat baik itu harian, mingguan atau bulanan. Dan bisa survive selama 6 tahun setelah nggak punya yang namanya “gaji” di rekening sendiri.

Nggak semua orang punya penghasilan minimal 8 juta seperti yang kemarin baru ditolak sama seorang ‘fresh graduate’ lulusan dari universitas ngetop. Tapi ya bisa-bisa aja sih hidup dengan uang kurang dari jumlah tersebut. Haha. Dan tanpa harus saya bahas di sini setiap ibu pasti sudah memiliki yang namanya anggaran masing-masing. Entah itu referensi dari financial planner, social media atau sebelum semua itu muncul di halaman mesin pencari google kita sebenarnya sudah punya anggaran meski bentuknya beda-beda.

Ok, Buibu. Pegang terus anggaran tersebut dan jadikan patokan dalam pengeluaran uang yang kita terima dari papahnya anak-anak. Eheu!

Lalu bagian mana nih yang harus disisipi trik, biar uang belanja selamat dari kata boros?

Membagi Kategori Belanja

Yup, untuk belanjaan saya mengkategorikannya menjadi 3 jenis. Yaitu belanja bulanan seperti bahan-bahan kebersihan (deterjen, cairan cuci piring, sabun, shampoo, dan lain-lain). Kemudian belanja mingguan untuk bahan-bahan seperti bumbu masak bawang, cabe, tomat yang bisa tahan seminggu di kulkas. Sedangkan belanja harian adalah sayur-mayur. Paling banyak saya stok untuk 2 hari soalnya saya jarang banget masak, keseringan beli jadi haha. Kalau beli banyak-banyak eh tahu-tahu malas masak kan jadi mubazir.

Belanja harian yang nggak bisa dijadikan belanjaan mingguan adalah roti. Karena keluarga kami pasti sarapannya roti jadi harus ada item ini di dapur. Karena masa expirednya yang sebentar, paling lama 4 hari, jadi beli roti 2 atau 3 hari sekali. Tergantung selera soalnya kadang ngemilnya juga roti LOL.

Dengan membagi kategori belanja maka kita bisa tahu nih item mana saja yang nggak bisa kita stok banyak-banyak karena berpotensi basi atau busuk. Lumayan kan menyelamatkan rupiah.

Memilih Tempat Belanja Hemat

Berikutnya Buibu harus tahu nih di mana saja tempat belanja yang murah. Di sekitar perumahan pasti ada beberapa penjual sayuran yang harganya berbeda-beda. Nah pilih deh yang paling murah. Sayangnya di lingkungan saya tukang sayurnya agak mahal padahal tinggalnya di belakang rumah. Sebelum dia keliling saya sudah harus belanja. Tapi meski agak mahal kualitas sayuran, ikan dan dagingnya lebih oke sih dibanding tukang sayur satunya lagi yang lebih murah tapi nggak sebagus yang pertama. Sudah gitu pelayanan di tempat kedua ini lambaaat banget.

Untuk kebutuhan bulanan saya biasa belanja di minimarket atau supermarket. Nah supermarket langganan saya dan lebih dari separuh warga sekitar sini adalah di Giant. Karena jaraknya yang dekat, akses kendaraan umumnya gampang, produknya lengkap banget dan terkenal lah harganya murah-murah.

Daftar Belanja Jangan Sampai Hilang

Nah pasti sudah pada punya dong yang namanya daftar belanja? Usahakan jangan sampai hilang. Mau itu coret-coretan di kertas yang disimpan di dompet atau catatan digital yang adanya di smartphone. Saya sih selalu pakai catatan di smartphone, hehe. Dengan aplikasi Google Keep yang ada checklist-nya, jadi enak bikin daftar apa pun. Daftar belanja, daftar nama ibu-ibu arisan, sampai daftar barang bawaan saat traveling.

Daftar belanja adalah kamusnya ibu-ibu sejagat untuk meminimalisir pembelian apa-apa yang nggak perlu. Utamakan belanja yang ada di daftar dulu pokoknya, ya. Setelah itu langsung cuss ke kasir. Udah jangan tengok-tengok lagi. Soalnya kadang kita cuma lapar mata. Lihat pancil lucu, termos gemasss, kotak tissue unik, bawaannya pengin beli. Eeiitts, harap diingat kita sedang menjalankan misi belanja hemat, lho!

Manfaatkan Promo Giant Harga Teman

Sudah tahu belum, apa itu Harga Teman? Yang biasa jajan di Giant pasti sering melihat label ini di rak belanja. Tapi untuk meluruskan nih, Harga Teman adalah harga terendah dari suatu produk yang ditawarkan oleh Giant. Jadi bukan harga produk yang dinaikkan lalu di-diskon. Gitu…

Anyway, emangnya masih ada itu Harga Teman???

Tenaaaang. Harga Teman kembali lagi, gengs! Untuk periode yang sekarang Giant kasih Harga Teman mulai tanggal 25 Juli 2019 lalu. Yang launchingnya diadakan pada tanggal 24 Juli 2019 di Giant Ekstra CBD Bintaro, dan acaranya dipandu oleh MC ngehits Indonesia yaitu Asri Welas.

belanja hemat
Asri Welas bersama Irene Putri Sitanggang, Manaeent Representative Giant

“Pada HARGA TEMAN periode ini, Giant menawarkan lebih banyak produk dengan jenis lebih variatif untuk memanjakan setiap orang seluruh Indonesia, dimana masing-masing bisa mendapatkan produk dengan kualitas terbaik dengan harga yang murah”. Ungkap Irene Putri Sitanggang, Manaeent Representative Giant.

That means promo ini berlaku di Giant Ekstra dan Ekspres seluruh Indonesia, termasuk juga Giant Ciledug tempat saya biasa belanja. Horeeee. Dan masa promonya juga lamaaa banget, sampai 12 minggu ke depan. Jadi bisa nih selama 3 bulanan belanja murah terus.

Dapatkan Produk Favorit dengan Harga Rendah

Sebagai salah satu unit bisnis dari PT. Hero Supermaket Tbk (HERO Group) yang merupakan pelopor retail modern di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1971, rasa-rasanya Giant sudah dekat banget dengan hati para ibu. Apalagi anak-anak tuh bawaannya happy banget kalau diajak ke Giant, pasti deeeh.

belanja hemat
Lorong belanja

Hingga bulan Mei 2019 jumlahnya ada 125 gerai Giant Ekstra dan Giant Ekspres di seluruh Indonesia jadi memang mudah banget menemukan supermarket yang satu ini.

Selain memiliki daftar belanja tetap, pastinya di antara daftar itu ada nama barang dengan merek-merek tertentu yang kita udah fanatik banget. Nah kebetulan Harga Teman Giant kasih promo untuk 800 produk favoritnya ibu-ibu macam kita gini. Jadi alhamdulillah, kan… Pasti ada barang inceran kita nih diantara 800 produk itu ๐Ÿ˜‰

Nih saya kasih bocoran, ya, di Giant kita bisa berhemat 15-30 persen untuk produk pembelian bumbu masakan, makanan, minuman, saus/sambal, susu UHT, produk kecantikan, laundry, pembersih rumah sampai perlengkapan kamar mandi.

Selain itu masih ada promosi Buy 2 Get 1 Free, Buy 3 Get 1 Free atau Beli 2 Lebih Murah.

belanja hemat
Mau borong ya mana?

Belanja Fresh Iconic dan “SIP” Buah dan Sayur

Biar makin sukses belanja hemat di Giant, kenapa nggak belanja buah, sayur serta daging di Giant sekalian? Ternyata setiap minggunya ada 5 produk buah dan sayuran terpilih dengan kualitas terbaik dijual murah, ssesuai dengan namanya 5 SIP (Segar, Istimewa, Promosi) Seperti anggur Red Globe Cina, jeruk mini Afourer, mangga harum manis, brokoli dan jagung manis kupas. Nah saya yang nggak biasa stok sayuran jadi mikir kan mau belanja sayur di Giant, habis itu terpaksa deh harus masak demi sayurannya gak mubazir dan menuju hidup sehat. Hehe.

Selain itu di Fresh Iconic pelanggan bisa menapatkan daging segar setiap harinya. Daging sapi, daging ayam, ikan dan udang. Khusus kategori udang nih, ada promo Udang Vanamae yang harganya Rp. 94.000/kg turun menjadi Rp. 79.900/kg.

belanja hemat
Belanja hemat seafood segar, kapan lagi?

Alright, berhubung sudah mendekati hari gajian (yey gajian besooook) saya sudah update nih daftar belanja dan siap belanja hemat dengan Harga Teman Giant. Semoga nggak kehabisan atau keduluan sama ibu-ibu lain, nih ๐Ÿ˜‰

Buibu jangan lupa trik belanja hematnya dipraktekkan ya. Lumayan kalau ada selisihnya dari bulan lalu bisa ditabung atau dibeliin lipstik baru. *Eeeeeh!

  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *