Tips Memilih Piyama Motif Lucu Untuk Anak

Suatu hari pernah ada teman yang bertanya “Say, bisa bikin piyama, gak?”. Lalu ia mengirimkan foto contoh piyama motif lucu yang sudah ia miliki. Memang bagus sih, gambarnya tokoh kartun Elmo. Lalu dengan jujur saya menjawab “Belum pernah bikin piyama…”

Piyama adalah pakaian yang bisa digunakan pada malam hari. Terdiri dari satu setel baju dan celana, biasa digunakan untuk anak-anak. Tetapi ada juga orang dewasa yang mengenakannya. Konon piyama dipakai terutama pada musim dingin. Makanya sewaktu kita kecil banyak piyama berbahan flanel, karena bahan tersebut cukup hangat di tubuh.

Sekarang piyama telah berkembang sedemikian rupa. Mulai dari bahannya yang berganti menjadi bahan kaos dari yang tipis sampai tebal, gambarnya yang lucu-lucu hingga motif tokoh kartun kesayangan anak-anak. Dan belakangan ini fenomenanya adalah piyama motif lucu dari kain sprei.

Foto piyama yang ditunjukkan oleh teman saya tadi adalah piyama bermotif Elmo yang terbuat dari kain sprei. Saya pun tergelitik untuk bertanya “Itu piyamanya apa enggak panas dipakai?” dia bilang “Lumayan.” Maksudnya lumayan panas, tapi kalau sudah beberapa kali dicuci jadi adem, macam sprei saja.

Sejak pertama tahu banyak produsen piyama yang memanfaatkan kain sprei, saya langsung enggak mau beli. Karena saya pikir pasti panas lah, buat anak-anak masa beliin baju yang enggak nyaman dipakai. Tapi lama-kelamaan kok jadi pengin juga, soalnya makin kesini motifnya makin lucu-lucu banget. Sungguh!

piyama motif lucu

Piyama lucu banget, apa gara-gara anaknya memang lucu ya? đŸ˜› Photo : Toko Sprei Jelita

Lucky me, tempat tinggal saya dekat sekali dengan Kawasan Perdagangan Tekstil Cipadu. Hampir setiap hari belanja kain sprei, pegang-pegang bahannya dan menemukan banyak sekali motif-motif baru. Jadi untuk sebuah piyama saya bisa menimbang-nimbang mana yang sekiranya enak dipakai.

Ternyata ada loh kain sprei yang lembut dan dingin di kulit. Saya sudah mengincar salah satu kain bermotif kucing, tapi belum tahu kapan akan beli haha.

Sekarang kan banyak sekali ibu-ibu yang gemar belanja online, begitu lihat motif baju anak yang super lucu langsung tergoda. Padahal belanja baju online itu ada risikonya jika kita tidak benar-benar cermat memilih. Bisa-bisa merasa kecewa karena pakaian yang dibeli bahannya tidak sesuai ekspektasi.

Tips Memilih Piyama Motif Lucu

Soal pilih-memilih pakaian ibu-ibu pasti maju duluan, nih. Apalagi buat anak, ya. Lihat motif lucu langsung mikir ‘Ih anak saya pasti cakep pakai baju itu’. Sebelum terlena dengan motifnya, perhatikan hal-hal di bawah ini sebelum memilih piyama. Terutama bagi yang memilih belanja online ketimbang pergi ke toko.

Baca juga : Baju Anak Jadi Lucu dengan Aplikasi Kain Perca

Mengenali Jenis Kain

Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu, berbahan apakah piyama motif lucu-lucu ini. Jangan sampai ketika barang sudah di tangan kita malah enggak rela mengenakannya. Saat berbelanja di toko online biasakan untuk membaca deskripsi dari suatu produk. Jika masih kurang jelas, boleh kok tanya-tanya sama penjualnya.

Sehingga bukan hanya piyama motif lucu yang nantinya dimiliki, tetapi juga piyama yang nyaman dipakai. Terutama untuk anak-anak, biar anteng tidurnya. Tahu sendiri kan, betapa berartinya waktu di saat anak-anak tidur nyenyak. Emaknya jadi bisa me time dongs!

Baca juga : Me Time Ala Saya

Ketika membeli langsung di toko akan lebih mudah karena kita bisa memegang bahannya. Coba deh dielus dan tempelkan pada kulit untuk mengetahui tekstur kain dan tingkat kelembutannya.

Ukuran yang Sesuai

Tak sekedar lucu, pastikan ukurannya sesuai dengan badan si pemakai. Piyama berbahan katun tentu tidak lentur seperti kaos. Sehingga dibutuhkan kelonggaran untuk bisa bergerak bebas. Meskipun hanya digunakan untuk tidur, tak ada salahnya kita pilih pakaian yang senyaman mungkin.

Tetapi jangan yang terlalu kebesaran juga, ya. Kesannya kan jadi enggak pantas dipakai. Apalagi dengan dalih ‘enggak apa-apa beli yang gedean, biar muat sampai kelas 2 SD’. Ya ampun, bu. Ini milih piyama, bukan sepatu sekolah.

Kita juga yang happy kalau melihat anak-anak mengenakan pakaian yang sepantasnya. Ya kan?

Warna Dasar Piyama

Pilihlah piyama yang berbahan dasar putih. Kain berwarna putih yang belum tercampur dengan print gambar biasanya sangat lembut. Motif yang ada pada kain piyama adalah hasil printing. Motif yang terlalu berwarna warni akan menghasilkan kain yang kaku dan cenderung panas. Tetapi jika memang menyukai motif tertentu, boleh-boleh saja membeli yang full print. Kainnya akan terasa adem setelah beberapa kali cuci seperti kata teman saya.

Piyama Motif Lucu kualitas Premium

Saat berbelanja online kita bisa cari produk piyama yang berkualitas premium. Sekali lagi teliti sebelum membeli, periksa deskripsinya. Saya pernah lihat iklan piyama kualitas premium dan di deskripsi tertulis berbahan katun panca atau katun catra. Kedua jenis kain ini cukup adem untuk piyama.

Piyama Motif Lucu

Piyama motif mickey, bahan katun CVC merek Fortuna. Photo : Toko Sprei Jelita

***

Saya sendiri selalu memakaikan anak saya pakaian malam yang berbahan kaos, seperti katun combed atau katun spandex. Mostly sih pakai yang spandex karena bahannya adem banget. Motif-motif lucu enggak terlalu penting buat saya. Tapi anak senang sih kalau di bajunya ada gambar-gambar lucu. Si Hammam punya beberapa baju bergambar dinosaurus yang lumayan jadi favoritnya.

Ini antara habis mandi sore atau pagi-pagi sebelum pada mandi.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 thoughts on “Tips Memilih Piyama Motif Lucu Untuk Anak

  1. Fillyawie says:

    Omg lucu-lucu banget piyamanya, jangankan anak-anak saya aja suka dan pengen punya piyama lucu kayak gini. Sampai nyari ol di instagram dan fb, dan akhirnya malah nemu piyama lucu di toko off line di salah satu mall di Makassar, niat banget yakk wkwkwk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *