Social Media create 1 - Resolusi untuk Sebuah Hobi - Perlukah Memiliki Blogging Goals?

Resolusi untuk Sebuah Hobi – Perlukah Memiliki Blogging Goals?

Tahun 2018 segera menjelang, semua orang sibuk membuat resolusi. Ya ampun kok ya cepat banget, sih? Perasaan belum lama ini baru nonton kembang api di malam pergantian tahun. Eh enggak sampai dua minggu lagi kalender akan berganti tahun. Masalahnya saya belum bikin resolusi, nih.

Apa yaaa? Dari tahun ke tahun pasti kita ingin menjadi lebih baik. Dari segi spiritual, keluarga, hubungan dengan pasangan, kehidupan sosial, kesehatan, karir, keuangan dan seterusnya. Sudah sewajarnya lah kita berharap yang lebih baik akan terjadi pada tahun depan. Kayaknya enggak ada orang yang berpikir ‘mau lebih melarat ah tahun besok’. Ya kali? Setidaknya itu bukan cita-cita saya 😀

Dan ada satu yang belum pernah terpikirkan oleh saya selama ini : resolusi untuk sebuah hobiSampai suatu hari Blogger Perempuan Network (BP Network) membuka pendaftaran Workshop “2018 Blogging Goals & Basic Photography for Bloggers”.

Mbak Shintaries

What is Your Blogging Goals?

BP Network Gathering ini berlangsung pada hari Sabtu, 16 Desember 2017 di JSC Hive Jl. Prof. Dr. Satrio, Kuningan – Jakarta. Acara dibuka oleh Mbak Alaika Abdullah, selaku Community Development di BP Network. Kemudian materi pertama “Blogging Goals” disampaikan oleh the one and only, Mbak Shintaries. Salah satu co-founder BP Network yang expert di dunia per-blogging-an.

hobi/ho·bi/ n kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama – KBBI

Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran seseorang – Wikipedia

Dan saya berkumpul di sebuah ruangan bersama puluhan orang dengan hobi dan minat yang sama, yaitu menulis. Kalimat ‘hobi itu mahal’ ternyata bukan hanya berlaku untuk yang menggemari traveling, koleksi barang mewah atau dunia otomotif saja. Hobi menulis di blog pun mahal harganya. Karena kita perlu meluangkan sekian waktu untuk mencari ide, menentukan konten, menemukan narasumber hingga menuliskannya sedemikian rupa.

Lalu apakah kita hanya ingin menulis dan merasa bahagia karenanya, atau ingin ‘menghasilkan’ dari menulis? Kita sendiri yang menentukan, mau dibawa ke mana hobi kita ini. What is your blogging goals?

Mbak Shintaries menyampaikan 4 hal utama blogging goals yang bisa dicapai oleh seorang blogger : Loyal Reader, Traffic, Popularity and Money. Kita bisa berfokus pada salah satu goal tersebut, namun goal yang satu mungkin akan berpengaruh pada tiga goals lainnya.

Blogging Goals-3

Blog Traffic

Traffic adalah jumlah lalu lintas kunjungan yang masuk ke blog beserta durasi saat seseorang membaca blog post. Tulisan yang berkualitas dan menarik akan mendatangkan trafficnya sendiri. Apalagi jika rajin-rajin posting. BP Network pernah memberikan tips melalui salah satu thread di facebook group, posting tulisan setiap hari. Dalam setahun kita akan memiliki 365 artikel di blog. Jika satu artikel dikunjungi oleh 10 orang maka kita akan mendapatkan traffic 3.650 page view per hari. Sehingga dalam satu bulan kita dapat 109.500 page view. Ini hitungan kasarnya saja.

Salah satu cara agar bisa mendapatkan traffic kita harus membuat tulisan yang topiknya mengikut trend. Misalnya tentang isu-isu terkini yang sedang heboh macam kubu pro vaksin dan anti vaksin. Fenomena yang begini akan memicu orang untuk mencari kebenaran tentang suatu topik. Dan bisa jadi mereka akan mampir ke blog post kita yang related membahas itu.

Untuk mengetahui trending topik dunia—atau lebih spesifiknya di Indonesia, kita bisa tahu dari google trends. Silakan buka https://trends.google.com/trends/ dan kita bisa lihat berbagai hot topics mulai dari selebriti, tokoh nasional, lagu, event, hingga resep masakan. Kita bisa mengambil salah satu trend ini sebagai topik tulisan. Tentunya yang related dengan niche blog kita sendiri.

Google Trends

Ada baiknya blogger menulis sesuatu yang manfaatnya akan berlangsung lama atau evergreen, kata Mbak Shintaries. Misalnya saja ‘tips mendapatkan tubuh langsing’, karena tips ini akan dicari oleh semua perempuan yang tidak bertubuh langsing. Dan mungkin saja akan menjadi goals mereka di tahun 2018. 😀

Blogger juga bisa memanfaatkan SEO Tools untuk lebih meningkatkan traffic. Ditambah dengan memasang google analytic pada blog sebagai indikator yang dapat membantu kita dalam menentukan langkah selanjutnya. Nah, lalu tekun-tekunlah menjalani hobi ini agar blogging goals datang menghampiri 🙂

Popularity

Popularity di sini bukan hanya dikenal oleh sesama blogger saja, tetapi lebih luas lagi. Caranya dengan melakukan personal branding dan social media networking.

Personal branding sebagai blogger adalah bagaimana kita ingin dikenal oleh orang lain. Apakah ingin dikenal sebagai food blogger, beauty blogger atau ketegori lainnya. Kemudian lebih spesifik lagi dari kategori tersebut, misalnya saja food blogger yang dikenal semua resepnya selalu terdapat jahe. Atau mom blogger yang gemar membuat mainan unik untuk anak di rumah dengan memposting konten-konten DIY.

Blogging Goals-2

Personal branding tidak bisa kita dapatkan secara singkat. Setidaknya dalam kurun waktu 1-2 tahun baru kita bisa mengenali diri sendiri. Bagaimana gaya penulisan yang paling nyaman dan konten-konten yang paling sesuai dengan diri kita. Nantinya ini akan berpengaruh pula pada design blog yang disesuaikan dengan konten apa yang paling banyak kita posting. Food blogger akan memiliki design yang berbeda dari beauty blogger. Food blogger bisa menampilkan rempah-rempah pada header blognya. Dan seorang beauty blogger tentu akan menampilkan warna-warni lipstik atau taburan bedak pada halaman depan blog.

Agar lebih dikenal kita bisa menggunakan top level domain (TLD) yang sesuai dengan personal branding yang ingin dibangun. Usahakan nama blog sama dengan nama-nama di akun social media. Boleh nama asli, boleh pula nama pena. Ini untuk memudahkan orang lain mengenali kita. Dikarenakan social media juga berperan besar dalam personal branding.

Baca juga : Social Media, Sarana Berbagi atau Dokumentasi?

Dan jangan malas meninggalkan jejak untuk blogger lain. Rajin-rajin lah blogwalking serta berbagi komentar. Ini sifatnya memang sukarela, tapi akan meningkatkan page view jika ada kunjungan balik dari blog yang pernah kita kunjungi. Insya Allah 🙂 Dan cara seperti ini juga dapat meningkatkan jumlah backlink, yang mana sangat baik untuk SEO.

Loyal Reader

Loyal readers seem to be our fans out there. Mungkin karena suka dengan gaya tulisan atau karena telah mendapat banyak manfaat dari apa yang kita tulis. That’s why, untuk memiliki pembaca yang loyal seorang blogger harus rajin posting. Agar ketika dikunjungi oleh pembaca setia, akan selalu ada informasi baru yang mereka dapatkan.

Blogging Goals-1

Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah pembaca adalah dengan membuat tulisan-tulisan bertema khusus. Contohnya DIY content, How to Tutorial, Tips and trick, dan sharing experience. Artikel-artikel ini akan banyak dicari orang. Seperti halnya kita yang apa-apa mencari tahu lewat google search, begitu pula orang lain. Syukur-syukur mereka mampir ke tulisan kita. Apalagi jika mengoptimalkan SOE, akan lebih besar kemungkinan artikel muncul di google search engine.

Baca juga : DIY Mainan Anak

Kemudian jangan lupakan interaksi dengan pembaca, baik melalui blog atau social media. Mom blogger seperti Grace Melia (gracemelia.com) yang followers instagramnya puluhan ribu itu rajin banget loh balas-balasan direct message dengan pembacanya. Tak jarang pula ia memposting percakapannya itu melalui Instagram Story. Cara seperti ini akan membuat pembaca happy dan pada akhirnya menanti-nantikan our new blog post.

Sesekali buatlah giveaway, baik ditujukan kepada insan blogger maupun non blogger. Menurut para blogger yang sudah berpengalaman mengadakan giveaway, cara ini cukup efektif menambah followers.

Earn Money

Pada masa-masa memulai blogging ternyata banyak sekali blogger yang tidak tahu kalau blog dapat mendatangkan rupiah. Termasuk saya, termasuk juga Mbak Shintaries dan mbak-mbak blogger lainnya. Ini kedengarannya bagus sih menurut saya. Kalau suka menulis ya sudah lakukan saja karena ia senang menulis, bukan karena uang atau apa pun.

Tetapi ketika tulisan kita dihargai dan pantas untuk mendapatkan apresiasi, why not?

Blogging Goals-4

Jika seorang blogger telah memiliki loyal reader, traffic yang tinggi sekaligus popularitas maka bersiaplah ia untuk menjadi professional blogger. Kontennya menarik dan oroginal, followers bejibun, social media dikemas rapi tanpa nyinyir dan enggak kebanyakan curhat personal. Apa yang dipostingnya melalui social media adalah perwakilan dari blognya.

Professional blogger bisa mendapatkan job dengan berbagai cara. Mulai dari sponsored post—yang nilai nominalnya akan memengaruhi kualitas konten, atau sebagai endorser produk-produk keren.

Baca juga : Blogger Bisa Ngantor di Tempat Ini

Rezekinya professional blogger bisa juga datang dari afiliasi, yaitu bentuk kerjasama antara sebuah company dengan pihak lain—dalam hal ini blogger. Afiliasi biasanya tergantung dari niche blogger atau kategori konten tertentu, misalnya kategori travel. Jika kita memiliki banyak post tentang travel, silakan berafiliasi dengan travel online company. Link afiliasi yang di-klik oleh pembaca dan kemudian terjadi transaksi maka blogger akan mendapatkan komisi sekian persen dari nilai transaksinya. Gimana, enak enggak kayak begitu? 😛

Google Adsense juga dapat menjadi ladang penghasilan bagi blogger. Tapi memang pendaftarannya agak sulit dan ada syarat tertentu. Kalau sudah jadi professional sih Insya Allah mbah google akan cepat mengabulkan permohonan Adsense.

***

Hmmm, nampaknya perjalanan saya akan menjadi berat nih kalau mau mengikuti 4 goals di atas. Tapi blogging goals menurut saya adalah sesuatu yang pantas dicoba.

Bagi para pemula jangan berkecil hati dulu, banyak jalan kok menuju goals tadi. Bergabung di komunitas blogger, bukan hanya untuk menambah followers ya. Tapi lebih kepada mencari ilmu.

Komunitas Blogger Perempuan

Oh ya, di komunitas.bloggerperempuan.co.id kita bisa submit artikel loh. Setiap hari senin BP Network akan mengirimkan email newsletter blast kepada seluruh member yang jumlahnya lebih dari 3.400 member. Ini memperbesar kesempatan kita untuk lebih go public. Aseeeek.

Dengan BP Network juga kita bisa banyak belajar dari workshop yang sering diadakan, ini membantu banget apalagi bagi pemula. Tentang bagaimana memulai blogging, tips blogging, termasuk juga tips untuk blogging goals.

Pada gathering ini sekaligus juga diadakan workshop Basic Photography for Bloggers. Karena tak dapat dipungkiri sebuah konten yang memiliki foto yang baik akan semakin menarik minat pembaca. Makanya blogger harus mengerti setidaknya dasar-dasar fotografi agar dapat menyuguhkan foto yang bermakna sesuai dengan pesan dari tulisannya.

Materi Basic Photography ini dibawakan oleh seorang fotografer profesional bernama Bayu Swandhani S. Nah ini akan saya bahas pada blog post berikutnya, ya. Terima kasih sudah sabar membaca postingan yang panjang ini. Mudah-mudahan ilmu yang saya dapat dari BP Network ini bisa berguna bagi teman-teman semua. Dan semoga tercapai ya blogging goals-nya di tahun 2018. Amiin.

Happy blogging.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

6 thoughts on “Resolusi untuk Sebuah Hobi – Perlukah Memiliki Blogging Goals?

  1. Yasinta Astuti says:

    Aku juga goalsnya sepele tapi berat, pengen bisa nulis tiap hari. Itupun susah banget yaa ternyata hihi
    Btw seneng ya ketemu di lingkaran komunitas blogger, banyak yang bisa dipetik dan termotivasi

    • Dzulkhulaifah says:

      Sampai hari ini akupun belum keturutan nulis setiap hari. Eh, nulisnya sih hampir tiap hari tapi publishnya yang jarang-jarang. Nulis ngedraft doang hahahaha. Iya seneng banget, apalagi teman-teman pada enggak pelit ilmu 🙂

  2. lake titicaca 2 day tour says:

    Wonderful blog you have here but I was curious if
    you knew of any message boards that cover the same topics discussed in this article?
    I’d really love to be a part of online community where I
    can get responses from other experienced people that share the same interest.
    If you have any recommendations, please let me
    know. Thank you!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *