Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Siap Mendunia

Siapa yang sudah lama tinggal di Jakarta? Apakah sudah tahu ada destinasi wisata di Kota Jakarta yang menjadi miniatur Budaya Betawi? Kenalin nih, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yang terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, merupakan kawasan yang ditumbuhkembangkan budaya Betawi, mulai dari adat istiadat, makanan khas, kesenian, pakaian dan arsitektur bangunan yang Betawi banget.

Continue reading

jangan takut berbagi

Membalas Kebaikan Orang Lain dengan Berbagi

Rasa lapar di jam 12 siang waktu setempat membawa saya dan teman-teman ke sebuah foodcourt di kawasan Bugis Street, Singapore. Bukan hanya kami yang lapar, tapi juga ratusan orang lainnya. Sebagian terlihat seperti orang-orang kantoran yang sedang istirahat di jam makan siang, sebagian lagi mungkin adalah traveler seperti kami. Sekilas kami terlihat sama, yaitu sesama orang kelaparan yang butuh mengisi perut. Tapi sebenarnya yang saya dan kawan-kawan butuhkan adalah makanan halal. Lalu di tengah suara semua orang ini yang menyerupai nada kerumunan lebah, ada satu suara yang memberitahu kami sesuatu. “You’re looking for halal food, right? It’s on the last row.”

Continue reading

Ada yang Baru di Kebun Raya Bogor

Pagi itu selepas sarapan enak di Hotel Royal Bogor, kami bertiga langsung keluar untuk menghirup udara segar yang sayangnya agak-agak terkontaminasi oleh asap kendaraan. Ternyata hari itu enggak berlaku car free day. Ini bukan kali pertama kami mengajak si kecil ke Kebun Raya Bogor, tapi jelas inilah pengalaman pertama kami berjalan kaki bertiga di tengah Kota Bogor yang sejak dahulu sudah menjadi tempat wisata yang mungkin paling sering saya kunjungi bersama keluarga. Continue reading

Mengurus Sendiri Perpanjang Paspor dalam 45 Menit

Mau mengurus sendiri perpanjang paspor ternyata mudah, gengs. Beneran ya, bikin paspor yang daftarnya melalui aplikasi sekarang ini terasa banget bedanya dengan beberapa tahun lalu. Dulu saya harus datang pagi banget ke Kantor Imigrasi demi bisa dapat nomor antrian dan sampai sana udah ruameee. Setelah dapat nomor antrian, nunggu sampai jam 3 sore belum juga dipanggil sama petugas. Malah disuruh balik lagi hari berikutnya. Pokoknya kalah telak sama abang-abang calo, mau nangis rasanya. Continue reading

night photography

Night Photography dan Kegiatan Seru Saat Camping

Night Photography dan Kegiatan Seru Saat Camping. Zaman kuliah dahulu saya cukup aktif mengikuti kegiatan organisasi kampus. Yang paling saya suka adalah acara Malam Keakraban dan Latihan Dasar Kepemimpinan karena acaranya menginap di sebuah tempat, di luar kampus tentunya. Hehe. Tapi sayangnya belum pernah yang tema camping gitu, sih. Biasanya acara diadakan di sebuah villa di puncak, villa milik Universitas. So, sampai saat ini saya belum pernah pergi camping, tapi angan-angan itu masih ada saja sampai sekarang. Mungkin nanti deh kalau anak sudah agak gedean, mau lah mengajak dia camping. Continue reading

resto favorit keluarga

5 Resto Favorit Keluarga Kecil Kami

Dulu waktu anak kami masih bayi sampai umur 2 tahunan rasanya sudah stress duluan kalau harus makan di restoran. Karena saat itu kondisinya si kecil masih sulit diajak kerjasama untuk makan bareng. Otomatis kalau makan di luar ya harus bergantian deh, ketika saya makan artinya suami harus jaga anak dan sebaliknya. Jadi saat itu kami enggak punya resto favorit keluarga, kalau bisa sih makan di rumah saja lah biar bebas.

Seiring waktu berjalan, si Hammam akhirnya bisa diajak makan bareng. Sejak itu jadi happy banget kalau ada kesempatan makan di luar. Sekarang malah anaknya yang suka ngajakin Continue reading

santan restaurant

Menikmati Sushi Betawi di Santan Restaurant Ciledug

Di pagi yang gerimis itu saya mengendarai sepeda motor menuju sebuah hotel yang cukup ditempuh 10 menit saja dari rumah. Meskipun sudah berniat untuk ‘libur dulu’ karena banyak PR yang harus diselesaikan, nyatanya dengan senang hati saya tetap menerima undangan dari Horison Hotel Ciledug.  Tapi pas sudah tiba di restonya—yaitu Santan Restaurant, saya malah deg-degan. Ternyata cooking class hari itu menunya Sushi Betawi. Whaaat? Saya enggak suka sushi, gimana dong? Continue reading