Sensori Integrasi, Dasar Dari Proses Belajar

Sebelumnya saya nggak pernah menyangka bahwa saya akan berurusan dengan masalah sensori integrasi pada anak. Ya, karena Hammam kelihatan sehat-sehat saja. Masalahnya hanya ia terlambat bicara. Dan seperti lingkungan pada umumnya, anak yang belum bisa bicara di usia hampir 3 tahun akan ditanggapi dengan ‘belum, kali…’ atau ‘nanti juga bisa ngomong, dulu juga si A umur segitu baru bisa ngomong’ dan seterusnya. Continue reading

Hammam, Ninja Kecil Dengan 7 Indera

Mengapa saya sering bilang bahwa anak saya adalah ninja—atau calon ninja? Karena ia mewarisi sifat-sifat ninja dari Jepang. Ninja kecil ini pandai melompat, melempar dan berlari kencang. Punya ilmu meringankan tubuh, sehingga langkah kakinya tak terdengar lalu tiba-tiba menghilang di balik pintu. Telinganya amat sensitif, tak boleh dengar suara sedikitpun atau ia akan terbangun dari tidurnya, bersiap menjebak musuh dengan teriakannya.

7 indera

Saking sipit sampai saya dikira embaknya. Kesel ya?

Continue reading

Menjaga Kesehatan Saluran Cerna Dengan Probiotik

Rasanya bahagia banget melihat pertumbuhan anak yang setiap hari kian bertambah kemampuannya. Satu per satu kekhawatiran orang tua mulai sirna tatkala anak melewati tahap demi tahap yang harus ia lewati. Sudah bisa berjalan, bisa berlari, bisa bicara dan seterusnya. Tapi ada satu hal yang agak menghantui saya, yaitu kesehatan saluran cerna si kecil. Ada-ada saja masalahnya, kalau nggak sembelit ya diare.

Continue reading

Kegiatan Bermain Untuk Stimulasi Kecerdasan Majemuk Menuju Generasi Multitalenta

Zaman telah sampai pada era milenial. Dimana semua aspek kehidupan bersinggungan dengan teknologi. Tak hanya orang dewasa, remaja bahkan anak-anak telah melek iptek. Sungguh berat tantangan menjadi orang tua masa kini yang ingin mengoptimalkan kecerdasan majemuk anak di tengah-tengah kemajuan teknologi.

Sudah begitu, anak-anak zaman sekarang kan kritisnya minta ampun. Kalau dilarang main gadget, mereka sudah bisa protes ‘Lho, Ibu juga mainin hape terus’. Begitu katanya. Kesal nggak sih bu, digituin sama anak? Continue reading

MPASI Tepat Untuk Nutrisi Terbaik 1.000 Hari Pertama

Apakah pernah mendengar ungkapan “Kamu makannya apa sih, bisa pintar banget?” Dulu jaman masih sekolah kalimat itu juga yang saya tanyakan kepada teman yang super pintar. Dan teman saya itu menjawab “Sama kayak kamu, sama-sama makan nasi.” Oke, nasi boleh sama. Tapi lauknya pasti beda! Nah kepingin tidak sih anak kita juga mendapat pertanyaan yang sama suatu saat nanti? Dan dengan santainya anak akan menjawab “Sama Ibu aku dikasih MPASI Philips Avent.” Tsaaahhh

Menjadi orang tua memang proses belajarnya tidak pernah selesai. Saya termasuk ibu yang cukup stress kalau anak susah makannya, padahal sudah bela-belain bikin MPASI untuk si kecil sebelum berangkat ke toko (dulu ketika masih punya toko). Kenapa ya dia kurang lahap makannya? Apa bosan? Atau makanannya tidak enak? Duh. Mami pusing, Hammam!

wp-image--1220398620

Si bayi besar yang sekarang sudah bisa diajak makan dimanapun. Foto sedang menunggu makanan datang di salah satu resto Jakarta.

Continue reading

Eliminasi Penyakit Campak dan Rubella Dengan Imunisasi MR

Hai, mommies. Bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu. Kali ini mari kita kembali membahas masalah kesehatan. Khususnya kesehatan pada anak dengan imunisasi campak dan rubella atau dikenal dengan Imunisasi MR (Measles Rubella) yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk dijalankan mulai tahun 2017 ini.

Mungkin diantara mommies masih ada yang ragu-ragu untuk memberikan vaksin kepada anak-anaknya

Continue reading

Deteksi Alergi Susu Sapi, Untuk Solusi Penanganan Tepat

Alergi susu sapi tidak hanya menimbulkan kemerahan pada kulit dan terasa gatal. Tetapi bisa juga berefek mual, muntah, perut kembung dan buang-buang air besar. Sehingga anak menjadi rewel, bahkan kelihatannya rewel tanpa sebab. Sering kali ini membuat frustasi para orang tua khususnya bagi seorang Ibu. Karena merasa kebingungan apa yang terjadi dengan anaknya, diberi ini itu tidak mau, malah menangis terus-terusan.

Continue reading

Kenyamanan Istimewa Ketika Hamil, Bersama Mom n Jo

Hai, mommies. Gimana kabarnya, sehat-sehat semua? Semoga aman terkendali ya. Yang lagi kurang sehat biar lekas pulih, yang lagi sehat biar makin sehat. Maklum ya, perempuan itu kan harus strong. Meskipun lagi sakit mesti disehat-sehatin supaya bisa mengurus keluarga. Apalagi para ibu hamil, sudahpun berbadan dua, melar, gendut, lemas, pusing dan mual. Tapi yang namanya mengurus keluarga itu gak ada liburnya.

Saya mau share nih, tentang pengalaman ketika hamil di tiga tahun yang lalu. Hamilnya beda deh dari ibu-ibu kebanyakan. Keluhannya sih mirip-mirip ya, kalau nggak pusing ya mual-muntah. Tapi masalahnya saya kok Continue reading