Cara Memasukkan Video ke Blog

Salah satu topik yang saya suka untuk ditulis di blog adalah review film. Dan setiap kali me-review film pasti saya memasukkan video trailer ke dalam tulisan saya agar pembaca bisa punya gambaran besar tentang filmnya. Suatu hari ada teman yang bertanya bagaimana cara memasukkan video ke blog, gara-gara setelah acara nobar sebuah film Indonesia secara berjamaah kami kelupaan insert video trailer di tulisannya. Haha.

Saat itu salah satu teman ada yang japri, bagaimana caranya memasukkan video dari Youtube ke blog supaya videonya hidup (bisa di-play maksudnya kali, ya). Kalau saya biasanya dengan memasukkan text embed dari Youtube. Sebelumnya sudah pernah juga sih menjelaskan ke teman yang satu ini, tapi katanya dia lupa. Bhaique dengan senang hati saya jelaskan ulang secara perlahan disertai dengan screenshoot macam bikin tutorial gitu.

Sebenarnya artikel kayak gini sih sudah buanyaaak banget ya. Tapi kayaknya saya perlu nulis juga, sih, teruntuk kalian yang akhirnya nyasar di blog ini. So, tulisan mengenai cara memasukkan video ke blog ini saya maksudkan agar jika suatu hari ada yang bertanya lagi saya bisa kasih info lengkap melalui artikel saya. Daripada kasih tutorial dari tulisan orang lain ya lebih baik dan mendingan saya kasih tulisan saya sendiri, lah. Hasek!

memasukkan video ke blog

Upload atau Embed?

FYI, cara memasukkan video ke blog yang saya share ini adalah bagi pengguna platform wordpress. Mohon maaf saya nggak bikin tutorial untuk platform blogspot karena kurang familiar, huhuhu. Memasukkan video ke blog bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu upload file video di blog dan menggunakan embed text dari Youtube. Cuma saya enggak menyarankan untuk langsung upload video karena file video biasanya berukuran besar sehingga bisa membuat halaman blog post kita menjadi lola alias loading-nya lama. Selain itu juga sayang space-nya, kaan?

Jadi saran saya untuk memasukkan video ke blog kalau memang videonya buatan sendiri hasil vlogging sebaiknya upload ke Youtube terlebih dahulu. Baru setelah itu masukkan videonya dengan link Youtube. Dengan begini koneksi blog akan jadi lebih ringan. Kalau upload di Youtube sih terserah ya bebas-bebas saja mau berapa video pun.

Memasukkan Video ke Blog dengan Embed Text

Berikut ini adalah langkah memasukkan video ke blog dengan menggunakan embed text.

  1. Add new post.
  2. Klik tab text yang berada di atas toolbar, tepatnya di sebelah tab visual. Atau di wordpress versi terbaru sekarang yaitu versi 5.1.1 ada di “edit as HTML”
  3. Buka video yang ingin dimasukkan ke blog.
  4. Klik share, pilih embed, copy text.
  5. Paste text di blog post.
  6. Kembali ke visual mode, video sudah bisa di-play.

Memasukkan Video ke Blog dengan Link URL

Selain embed text memasukkan video bisa juga dengan link url, caranya pun sederhana seperti copy paste embed text. Bedanya jika menggunakan link url harus melalui add media. Langkah-langkahnya seperti ini :

  1. Add new post.
  2. Klik add media di atas toolbar (sebelah kiri)
  3. Pilih menu “insert from URL”
  4. Buka video yang ingin dimasukkan ke blog.
  5. Klik share, copy url di bagian bawah. Atau bisa langsung copy url yang ada di address bar.
  6. Paste link url di url box.
  7. Klik “insert into post”.

Dan berikut ini video tutorialnya, ya, untuk wordpress. Contohnya pakai video trailer film Avengers : Endgame, soalnya video ini bikinnya udah dari lama tapi baru sempat di-upload. Sekalian deh untuk menyambut film lanjutannya yaitu Spiderman Far From Home yang bakal tayang bulan depan.

Selamat mencoba, gengs!

Baca juga : Review Film Aladdin

  •  
  •  
  •  
  •  

2 thoughts on “Cara Memasukkan Video ke Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *