blokir kartu kredit

Blokir Kartu Kredit BCA Visa Gara-gara Tertagih Netflix

Blokir Kartu Kredit – Rasanya langsung uring-uringan saat tagihan kartu kredit ada transaksi berlangganan Netflix sebesar 150k. Apa-apaan, nih?? Dulu saya memang pernah membuat akun di aplikasi nonton online ini, sekitar 6-9 bulan yang lalu. Memang saat itu diminta nomor kartu kredit untuk berlangganannya. Tapi Netflix menawarkan berlangganan gratis selama 1 bulan, jadi bulan berikutnya baru akan tertagih. Sebelum 1 bulan pelanggan boleh berhenti berlangganan dan enggak akan tertagih. Begitu ya, teorinya.

Saya sudah membatalkan berlangganan 2 hari sebelum due date, karena ya memang enggak mau saja sih berlangganan untuk nonton film. Saya sukanya yang gratis saja kalau nonton streaming, soalnya kan sudah bayar biaya internet bulanan. Haduh, berat amat ya pengeluaran kalau harus langganan film juga. Akhirnya bulan ke bulan berlalu tanpa ada tagihan sama sekali.

Tahu-tahu di bulan lalu kok ada tagihan sebesar 150k di kartu kredit BCA saya dengan deskripsi berlangganan Netflix. Bagaimana bisa? Saya telpon ke HaloBCA di nomor 1500888 untuk mengajukan komplain bahwa saya enggak pernah bertransaksi di Netflix selama setengah tahun terakhir.

blokir kartu kredit

Tapi pihak BCA enggak bisa membantu untuk hal ini. Duh! Disarankan untuk langsung hubungi Netflix atau setidaknya lakukan berhenti berlangganan. Masalahnya, saya login kok enggak bisa-bisa. Pakai email maupun nomor handphone, pakai semua password yang mungkin pernah saya buat. Tetap salah terus.

Akhirnya saya buka email untuk cek apakah ada surat dari Netflix di inbox saya. Dan benar ada, subject-nya “Welcome back to Netflix”. Whaaat???

blokir kartu kredit

Karena saya ketik Netflix di search box maka keluarlah 3 email termasuk yang welcome itu. Email lainnya adalah info bahwa saya telah melakukan penggantian nomor telepon dan alamat email. Ini kok semacam ada yang nge-hack akun saya, terus dia pindah alamat gitu. Apesnya nomor kartu kredit saya masih ada di sana 🙁

blokir kartu kredit

Cara Blokir Kartu Kredit

Lalu saya ingin blokir kartu kredit saja lah. Soalnya pas hubungi HaloBCA lagi untuk memastikan apakah transaksi ini bisa dihilangkan atau enggak dari hidup saya, call centernya bilang bisa membantu untuk print out transaksi atau semacamnya yang bisa digunakan untuk komplain ke Netflix, dengan biaya 5k per lembar. Sementara itu tagihannya belum tentu bisa dihapuskan kecuali pihak Netflix yang membatalkan setelah saya lapor ke mereka.

Lha saya saja enggak bisa akses ke Netflix sama sekali karena email dan nomor handphone statusnya sudah diganti oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Akhirnya saya putuskan untuk blokir kartu kredit dan mengajukan pergantian kartu. Tetap tertagih di bulan kemarin tapi biar aman di bulan-bulan berikutnya karena ganti kartu kredit artinya berganti pula nomor kartunya. Dalam hal ini kartu kredit yang ingin saya blokir adalah yang jenis Visa.

Kalau kamu ingin melakukan blokir kartu kredit karena sebab apapun misalnya tertagih tanpa berlangganan atau yang buruknya kartu kredit hilang, caranya bisa langsung hubungi ke customer service bank yang bersangkutan. Nanti akan ditanyakan alasan ingin blokir kartu dan dilakukan verifikasi data berupa nomor kartu kredit yang ingin diblokir, nama pemilik kartu, adanya kartu tambahan, tanggal lahir dan nomor handphone yang terdaftar. Sedangkan bagi yang kartunya hilang dan mungkin enggak ingat nomor kartunya maka akan ditanyakan nomor rekening yang terhubung dengan kartu tersebut.

Baca juga : Salah Transfer Rekening Bank, Jangan Panik

Penggantian kartu kredit akan dilakukan dalam 14 hari kerja dengan biaya 50k per kartu. Yang saya suka dari kartu kredit BCA adalah fasilitasnya yang memberikan 2 buah kartu, yaitu kartu kredit visa dan kartu kredit BCA Card. BCA Card enggak bisa dipakai untuk transaksi online, khusus untuk swipe di EDC (Electronic Data Capture). Jadi kalau harus banget mendaftarkan kartu kredit di situs online hanya yang Visanya saja, yang perlu diblokir pun hanya kartu ini. BCA Card tetap aman.

Jadi saran saya, kalau enggak penting banget jangan deh daftar-daftar akun yang wajib mencantumkan nomor kartu kredit beserta 3 digit nomor yang ada di belakang kartu. Dan kalau berhenti berlangganan, mungkin dihapus terlebih dahulu kali ya, nomor kartu kreditnya (kalau bisa).

Oh ya blokir kartu kredit ini otomatis akan membatalkan semua transaksi yang pernah kita lakukan dengan kartu kredit. Misalnya cicilan yang sedang berjalan dan Facebook Ads. Nanti kalau sudah ada kartu penggantinya baru deh hubungi kembali HaloBCA dan ganti nomor kartu yang terdaftar di Facebook Ads.

Barusan saya cek tagihan kartu kredit di bulan ini alhamdulillah sudah enggak ada biaya langganan lagi. Kan lumayan banget yaaa 150k itu bisa buat nambahin belanja bulanan atau beli-beli yang diskonan. Apalagi tadi ngintip ada program Maret Mantap Tokopedia dan Jadwal Promo Terbaru Tokopedia.

Print

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 thoughts on “Blokir Kartu Kredit BCA Visa Gara-gara Tertagih Netflix

  1. Fanny F Nila says:

    memang harus hati2 bangetttt kalk ccantumin Cc utk urusan pembayaran apapun. yg kyk gini nih yg aku takutin jg mba. Dan aku paling anti kalo hrs book hotel tp pay later ato pay in property. karena hrs masukin data2 CC kita. ga mau deh. mndingin pilih yg pay lgs aja.

    utk no CC pun skr ga mau lg aku save di aplikasi pemesanan tiket ato olshop. tkut napa2. disalahgunain. gpp deh ngetik ulng semua nomornya tp lbh aman -_-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *