jne gopay

Akhirnya Bisa Bayar JNE Pakai GoPay

“Lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan handphone”. Mungkin kita sudah familiar dengan ungkapan tersebut. Karena apa? Uang yang biasanya disimpan di dompet sekarang sudah bisa disimpan di gadget aja gitu, pakai digital wallet. Mau belanja di mall, jajan di kaki lima, sampai bayar JNE pakai GoPay, sekarang sudah bisa!

Jadi nggak ada cerita ya harus balik lagi ke rumah kalau mau kirim paket tapi dompetnya ketinggalan. Asal bawa handphone yang ada aplikasi GoPay serta memiliki saldo, transaksi di JNE bakalan lancar jaya.

jne gopay

Diberlakukannya cashless payment JNE dengan menggunakan GoPay telah dimulai sejak sebulan yang lalu, tepatnya bulan Juli 2019, di lebih dari 7.000 gerai JNE di seluruh Indonesia. Kerjasama ini dimaksudkan untuk mendukung perdagangan online yang sebagian besar diantaranya merupakan pelaku UMKM.

Untuk meresmikan kerjasama tersebut JNE dan GoPay menggelar press conference pada tanggal 13 Agustus 2019 di Baxter Smith, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan. Yang dihadiri oleh Bapak Eri Palgunadi selaku VP of Marketing JNE, Ardelia Apti selaku Head of Offline Payments GoPay, dan juga salah satu pelaku bisnis di bidang fashion yang merupakan member dari JNE Loyalty Card (JLC), Ria Sarwono selaku founder CottonInk.

bayar jne pakai gopay

Sebelumnya saya sudah sering lihat ada kata “cashless” di gerai JNE yang biasa saya datangi. Tapi saat itu kalau nggak salah baru bekerjasama dengan marketplace tertentu yang sedang mengadakan promo gratis ongkir. Nah sekarang akhirnya bisa deh bayar JNE pakai GoPay, jadi cashless beneran buat semuanya. Karena sistem pemayaran cashless memang sudah direncanakan sejak lama oleh JNE.

Sebagai langkah awalnya JNE menggandeng GoPay yang merupakan digital payment pertama dan terbesar di Indonesia. Kebetulan JNE dengan GoPay memiliki visi yang sama dalam mendukung potensi UMKM. Bisa dilihat dari pertumbuhan rekan usaha GoPay yang saat ini mencapai angka 420.000 yang mana 90% diantaranya adalah UMKM. Maka dari itu Ardelia Apti merasa sangat optimis untuk jalan bareng dengan JNE, sejak pertama kali bertemu.

Memaksimalkan Potensi UMKM dalam Bisnis Online

Secara bertahap JNE akan memperluas lagi sosialisasi dan penerapan sistem pembayaran cashless ini di seluruh gerai JNE selain dari 7.000 gerai yang sudah berjalan. Sehingga semua pelanggan JNE dapat merasakan kemudahan pembayaran menggunakan GoPay. Apalagi pertumbuhan bisnis online saat ini meningkat pesat hingga pada tahun 2017 JNE melayani lebih dari 800 juta paket yang sebagian besarnya adalah transaki dari pedagang online.

Karena saling terkaitnya pedagang online dengan sektor logistik inilah GoPay melihat peluang yang besar untuk memaksimalkan potensi UMKM dalam bisnis online serta memudahkan mereka dalam sistem pembayaran. Dan juga agar UMKM lebih terbiasa memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan usaha di era milenial ini.

Bayar JNE Pakai Gopay, Bagaimana Caranya?

Bagi yang terbiasa melakukan pembayarang dengan menggunakan digital wallet GoPay pasti sudah paham kalau prosesnya itu mudah banget. Bagi yang belum pernah mencobanya, berikut ini adalah langkah-langkah bayar JNE pakai GoPay :

  1. Lakukan transaksi di JNE
  2. Klik “Bayar” atau “Pay” pada aplikasi GOJEK
  3. Scan QR code yang ada pada PC (personal computer) yang ada di gerai JNE
  4. Masukkan kode PIN GOPAY
  5. Saldo GoPay akan terpotong otomatis sesuai dan transaksi berhasil.

Yang serunya nih, bertransaksi di JNE dengan menggunakan GoPay ada cashback sebesar Rp. 5.000. Gimana? Lumayan banget, kan? Info promonya bisa dibaca lebih lanjut di sini : Promo JNE.

Sharing Pelaku Bisnis dengan Dukungan JNE dan GoPay

Lanjut ke sharing session bersama Ria Sarwono yang memulai CottonInk sejak sepuluh tahun yang lalu dengan produk pertamanya yaitu Obama printed T-Shirt. Ketika sedang merintis CottonInk menerima order dalam jumlah yang cukup banyak dari customernya di luar pulau, tepatnya ke Papua. Saat itulah Ria dan rekan kerjanya menyadari bahwa CottonInk memiliki potensi besar untuk menjangkau pasar di seluruh negeri.

Saat itu Ria mempercayakan pengiriman paket tersebut kepada JNE dan hingga kini tetap berpartner secara rutin. Apalagi dengan program JLC yang ditawarkan oleh JNE sangat menarik.

ria sarwono cottonink
Bincang-bincang bersama Ria Sarwno, founder CottonInk

Kemudian dengan masuknya GoPay ke CottonInk Store ternyata semakin memberikan kemudahan pagi pelanggannya. Awalnya Ria nggak memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap sistem pembayaran digital. Tetapi setelah dicek jumlah pengguna GoPay di store-nya semakin hari semakin meningkat.

Keuntungannya bagi merchant yang menggunakan GoPay sebagai metode pembayaran adalah diberikannya aplikasi semacam dashboard untuk memantau transaksi sehari-hari. Bukan hanya di toko-toko besar atau di mall, UMKM pun mendapatkan fasilitas ini dari GoPay sehingga semua penjualannya tercatat dengan rapi.

Sebagai salah satu pelanggan JNE dan pengguna GoPay saya sih antusias banget dengan kerjasama ini. Semoga kita semua bisa merasakan manfaatnya kirim aman pakai JNE dan bayar nyaman pakai GoPay.

  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *